Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Boneka Tangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III di SDN Gayamsari 02

Authors

  • Ulya Aflahah Universits PGRI Semarang
  • Ngurah Ayu Noman M Universits PGRI Semarang
  • Mulyati Madeleina Sofia Universits PGRI Semarang
  • Loli Gunawan Adi Universits PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Media Boneka Tangan, Hasil Belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media boneka tangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas III di SD N Gayamsari 02 Semarang tahun Peljaran 2023/2024 pada semester 1 yang berjumlah 28 siswa sebagai penerima tindakan, sedangkan yang memberikan Tindakan adalah peneliti dan wali kelas III. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes setiap siklus, dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP yang diperoleh 28 siswa kelas III SD N Gayamsari 02 berdasarkan hasil nilai ulangan harian tema 1 subtema 1 pada prasiklus 32,1% (tuntas) dan 67,9% (tidak tuntas). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media kotak misteri hasil belajar kognitif meningkat siklus 1 memperoleh ketuntasan sebesar 64,3% (tuntas) dan 35,7% (tidak tuntas). Sedangkan pada siklus II dilakukan refleksi sehingga mengalami peningkatan dari siklus I dengan siklus II dengan capaian ketuntasan sebesar 89,3% (tuntas) dan 10,7% (tidak tuntas). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media boneka tangan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas III di SD N Gayamsari 02.  

References

Abdullah, M. Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Hasil Belajar Menyimak Dongeng Siswa Kelas II SDN 88 Lonrong Kabupaten Soppeng. Jurnal PENA: Penelitian dan Penalaran, 5(1), 876-885.

Alfarizi, M. (2021). Penerapan Model Means-Ends-Analysis Dengan Berbantuan Media Kotak Kartu Misteri (KOKAMI) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Kuala Kabupaten Nagan Raya. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 6 (4), 191200.

Amir et al,. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematiksiswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 1(2), 22-34.

Huda,M.(2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Istiatutik. (2017). Penerapan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi. Jurnal

Pendidikan Riset & Konseptual, 1(1), 45–51. Nurwidyaningrum et al,. (2023).

Penggunaan Model Pembelajaran PBL Melalui Media Kotak Kartu Misterius Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Bogorejo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 19551965.

Saputro, O.A., & Rahayu, T.S.(2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 185-193.

Uno, H. (2011). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni et al. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas I SD. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 129-136.

Wijayanti, R. E., Kristin, F., & Anugraheni,I.(2019). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Kelas IV Melalui Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Berbantuan Boneka Wayang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 50-65

Wulandari et al. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal on Education, 5(2), 3929- 3936.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ulya Aflahah, Ngurah Ayu Noman M, Mulyati Madeleina Sofia, & Loli Gunawan Adi. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Boneka Tangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III di SDN Gayamsari 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3005–3011. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5462

Issue

Section

Prosiding 2023