236. Penerapan Model PjBL pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V B SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang

Authors

  • Eviana Safitri Universitas PGRI Semarang
  • Veryliana Purnamasari Universitas PGRI Semarang
  • Siti Khuluqul Khasanah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Model Project Based Learning, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA

Abstract

Konteks penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas 5 SDN Karanganyar Gunung 2 pada mata pelajaran IPA masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan karena siswa kurang berani dalam menyampaikan pendapatnya serta kurang terdorong untuk melakukan eksperimen yang menumbuhkan aktivitas belajar dalam mata pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Karanganyar Gunung 02 menggunakan model PjBL. Permasalahan pada penelitian adalah Bagaimana penerapan model PjBL pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas VB SDN Karanganyar Gunung 02. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian yaitu 27 peserta didik kelas 5B SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang yang terdiri dari 9 perempuan dan 18 laki-laki. Dengan pengambilan data meliputi dokumen dan soal evaluasi selama 2 siklus. Pada tiap tahap dilakukan perbaikan RPP dan media sehingga dapat diketahui keberhasilan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran IPA menunjukkan peningkatan. Adapun peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil nilai evaluasi siswa yang telah melaksanakan eksperimen. Dengan demikian model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 SDN Karanganyar Gunung 02 dapat meningkat.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Safitri, E., Purnamasari, V., & Khasanah, S. K. (2023). 236. Penerapan Model PjBL pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V B SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2100–2109. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4289

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)