236. Penerapan Model PjBL pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V B SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang
Keywords:
Model Project Based Learning, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPAAbstract
Konteks penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas 5 SDN Karanganyar Gunung 2 pada mata pelajaran IPA masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan karena siswa kurang berani dalam menyampaikan pendapatnya serta kurang terdorong untuk melakukan eksperimen yang menumbuhkan aktivitas belajar dalam mata pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Karanganyar Gunung 02 menggunakan model PjBL. Permasalahan pada penelitian adalah Bagaimana penerapan model PjBL pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas VB SDN Karanganyar Gunung 02. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian yaitu 27 peserta didik kelas 5B SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang yang terdiri dari 9 perempuan dan 18 laki-laki. Dengan pengambilan data meliputi dokumen dan soal evaluasi selama 2 siklus. Pada tiap tahap dilakukan perbaikan RPP dan media sehingga dapat diketahui keberhasilan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran IPA menunjukkan peningkatan. Adapun peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil nilai evaluasi siswa yang telah melaksanakan eksperimen. Dengan demikian model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 SDN Karanganyar Gunung 02 dapat meningkat.