Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Berbantuan Media Gestik Kelas I SDN Sawah Besar 01 Semarang

Authors

  • Kurnia Sari Ningrum Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), Media Gestik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran
matematika materi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) berbantuan media gestik peserta didik kelas I A SDN Sawah Besar 01
Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan penelitian
terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah kuantitatif
deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I A SDN Sawah Besar 01 Semarang berjumlah
28 siswa. Pengumpulan data menggunakan hasil belajar dan dokumentasi. Data yang terkumpul
dianalisis dengan menghitung nilai rata – rata yang dicapai peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa rata – rata nilai hasil belajar meningkat, hal ini dibuktikan dengan peningkatan dari pra siklus
sebesar 54,14, siklus I sebesar 70,36 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,21. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media gestik
mengalami peningkatan dan hasilnya memuaskan.

References

Abdillah, R., & Ningsih, R. S. (2023).

Penerapan Model Pembelajaran

Problem Based Learing (PBL) Untuk

Meningkatkan Hasil Belaar Siswa

Kelas Iv Sekolah Dasar Pada Mata

Pelajaran Matematika Di Sdn 195

Isola. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD

STKIP Subang, 9(2), 2003-2021.

Agitsna, L. D., Wahyuni, R., & Friansah, D.

(2019). Pengembangan lembar kerja

siswa berbasis Problem Based

Learning (PBL) pada materi bangun

ruang sisi datar. AKSIOMA: Jurnal

Program Studi Pendidikan

Matematika, 8(3), 429-437.

Alin, M. Y., & Hadi, M. S. (2023).

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

pada Mata Pelajaran Matematika

dengan Menggunakan Media Stik Es

Krim di SD Muhammadiyah

Kademangaran. JIM: Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Pendidikan

Sejarah, 8(3), 2799-2806.

Anas, R. M., Sulianto, J., & Sawitri, T.

(2023). Analisis Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning Dalam Pembelajaran

Matematika Sdn Sawah Besar 01

Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah

PGSD STKIP Subang, 9(2), 4113-

Andriyani, D., & Samiyem, S. (2022).

Peningkatan Prestasi Belajar Melalui

Metode Resitasipada Pelajaran

Matematika. Trihayu: Jurnal

Pendidikan Ke-SD-an, 8(3), 1435-

Anggraeni, P. N., Miyono, N., & Setyawati,

R. D. (2023). Penerapan Model

Pembelajaran Project Based

Learning Materi Penjumlahan Siswa

Kelas 1 Sekolah Dasar Tlogosari

Kulon 01 Semarang. AS-

SABIQUN, 5(3), 695-703.

Aprilia, U. I., & Kunijah, D. (2023, July).

Peningkatan Hasil Belajar

Menggunakan Model Problem Based

Learning Pada Mata Pelajaran

Matematika di Sekolah Dasar.

In Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan Profesi Guru (pp. 1907-

.

Arfiani, S., Prayito, M., & Djama’i, N.

(2023, July). 261. Peningkatan Hasil

Belajar Matematika Menggunakan

Model PBL Berbantuan Media Papan

Penjumlahan dan Pengurangan di SD

Mijen. In Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan Profesi

Guru (pp. 1771-1779).

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan

kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Ariyana, I. K. S., & Suastika, I. N. (2022).

Model pembelajaran CIRC

(cooperative integrated reading and

composition) sebagai salah satu

strategi pembelajaran matematika di

sekolah dasar. Jurnal Ilmiah

Universitas Batanghari

Jambi, 22(1), 203-211.

Emilia, E., Rachmadyanti, P., & Fadjarwati,

F. (2023). Implementasi Model PBL

untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa Mata Pelajaran Matematika di

SDN Medaeng 2 Sidoarjo. Journal on

Education, 6(1), 993-1001.

Gustina, G. (2023). Peningkatan Aktivitas

dan Hasil Belajar Matematika

Melalui Model Project Based

Learning. Jurnal Didaktika

Pendidikan Dasar, 7(1), 23-36.

Handayani, T., Susilowati, T., & Restian, A.

(2023). Peningkatan Hasil Belajar

Penjumlahan Menggunakan Model

PBL Berbantuan Media Seni Balitung

(Laba-Laba Berhitung) Peserta Didik

Kelas 1 Sdn Tlogomas 2

Malang. Pendas: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 8(2), 1191-1200.

Intansari, A. P., Yayuk, E., & Bintari, Y.

(2023). Pengunaan Media Colored

Stick Untuk Meningkatkan

Kemampuan Operasi Hitung

Penjumlahan Dan Pengurangan Pada

Pelajaran Matematika Peserta Didik

Kelas I Sdn Gabusbanaran. Pendas:

Jurnal Ilmiah Pendidikan

Dasar, 8(1), 3091-3101.

Jelita, dkk. (2019). Penerapan Pendekatan

Pembelajaran Problem Based

Learning (PBL) Berbasis Media Stik

Es Krim Untuk Meningkatkan

Kemampuan Komunikasi Matematis

Di Kelas 1 Sd Plus Nurul

Aulia. Collase (Creative of Learning

Students Elementary

Education), 2(1), 1-9.

Kharisma, A. I. (2020). Pengaruh

Penggunaan Alat Peraga Gatotkaca

Terbang Terhadap Hasil Belajar

Matematika Pada Siswa Kelas Iii

Sekolah Dasar. Jurnal Review

Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1),

–23.

Khotimah, S. ., & Risan, R. (2019).

Pengaruh Penggunaan Alat Peraga

Terhadap Hasil Belajar Matematika

Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal

Penelitian Dan Pengembangan

Pendidikan, 3(1), 48.

Ma’rifah, N. (2021). Upaya Meningkatkan

Hasil Belajar Matematika

Menggunakan Media Stik Es Krim

Pelangi. Basic Education, 10(3), 289-

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan

Penelitian Tindakan Kelas Bagi

Guru? IJAR: Indonesian Journal of

Action Research, 1 (2), 315–327.

Magdalena, I., & Nurchayati, A. (2023).

Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Menggunakan Alat

Peraga Stik Es Krim pada Siswa Kelas

II SDI Alexandria. Al-DYAS, 2(3),

-497.

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., &

Bentri, A. (2019). Pengaruh

Penggunaan Model Problem Based

Learning (PBL) (PBL) Terhadap

Hasil Belajar Siswa Di Sekolah

Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016-

Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis

Problematika Pelaksanaan Merdeka

Belajar Matematika. Jurnal Pacu

Pendidikan Dasar, 2(1), 55-64.

Patih, T., Halistin, H., Sangila, M. S., Agus,

I., Dedyerianto, D., La Hadi, A., ... &

Samrin, S. (2020). Peningkatan Hasil

Belajar Matematika Siswa

Menggunakan Model Pembelajaran

Berbasis Masalah Berbantuan

Multimedia Interaktif. Al-TA'DIB:

Jurnal Kajian Ilmu

Kependidikan, 13(2), 65-77.

Pranata, D. P., Frima, A., & Egok, A. S.

(2021). Pengembangan LKS

Matematika Berbasis Problem Based

Learning (PBL) pada Materi Bangun

Datar Sekolah Dasar. Jurnal

basicedu, 5(4), 2284-2301.

Prastiwi, A. A. (2022). Learning Obstacles

Materi Hubungan Antar Garis Pada

Pembelajaran Matematika Kelas Iv

Sekolah Dasar. Jurnal Elementary:

Kajian Teori dan Hasil Penelitian

Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2),

-152.

Ratna & Suheni. (2021). Penerapan

Penerapan Model Problem Based

Learning (PBL) untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Matematika Materi

Pokok Penjumlahan dan

Pengurangan Bilangan

Desimal. Cokroaminoto Journal of

Primary Education, 4(2), 102-110.

Ratti, R. (2021). Penerapan Model PBL

Untuk Meningkatkan Kemampuan

Operasi Hitung Penjumlahan Dan

Pengurangan Siswa Kelas I:

Application of the PBL Model to

improve the ability of Addition and

Subtraction Count Operations for

Class I students. Neraca: Jurnal

Pendidikan Ekonomi, 6(2), 42-49.

Rivai, S., & Rahmat, A. (2023). Pelatihan

Pembuatan Media Pembelajaran

Matematika Untuk Pemahaman

Konsep Dasar Matematika Bagi

Mahasiswa Jurusan S1 Pendidikan

Guru Sekolah Dasar. Dikmas: Jurnal

Pendidikan Masyarakat dan

Pengabdian, 3(1), 57-68.

Rukinah, R. (2023). Peningkatan

Kemampuan Berhitung Penjumlahan

Dan Pengurangan Melalui Strategi

Problem Based Learning:(Penelitian

Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 2

SDN Kasomalang VIII Kecamatan

Kasomalang Tahun

/2023). JPG: Jurnal Penelitian

Guru FKIP Universitas Subang, 6(1),

-96.

Safitri, A., Makki, M., Hidayati, V. R., &

Fauzi, A. (2023). Pengembangan

Media Stik Es Krim Untuk

Kemampuan Berhitung Penjumlahan

Dan Pengurangan Kelas Ii Sdn 2

Lembuak, Kabupaten Lombok

Barat. Pendas: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 8(1), 5836-5848.

Sani, I. N., Bahar, A., & Elvinawati, E.

(2020). Perbandingan Model

Pembelajaran Problem Solving Dan

Problem Based Learning (PBL)

Terhadap Kemampuan Berpikir

Kritis Siswa Kelas XI MIA Man 2

Kota Bengkulu. Alotrop, 4(2), 720 –

Saputra, T. A., Dewi, N. K., & Istiningsih, S.

(2020). Pengaruh Model Problem

Based Learning (PBL) Terhadap

Hasil Belajar Matematika Siswa

Kelas IV SDN 1 Kawo Tahun Ajaran

/2020. Progres

Pendidikan, 1(1), 7-13.

Sunendi & Mareta M. (2023). Pengaruh

Penggunaan Alat Peraga Stik Kayu

Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada

Materi Penjumlahan dan

Pengurangan di Kelas I. Jurnal

Ilmiah Mandala Education, 9(3).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Sari Ningrum, K. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Berbantuan Media Gestik Kelas I SDN Sawah Besar 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2566–2575. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5414

Issue

Section

Prosiding 2023