Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Berbantuan Media Gestik Kelas I SDN Sawah Besar 01 Semarang
Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), Media GestikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran
matematika materi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) berbantuan media gestik peserta didik kelas I A SDN Sawah Besar 01
Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan penelitian
terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah kuantitatif
deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I A SDN Sawah Besar 01 Semarang berjumlah
28 siswa. Pengumpulan data menggunakan hasil belajar dan dokumentasi. Data yang terkumpul
dianalisis dengan menghitung nilai rata – rata yang dicapai peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa rata – rata nilai hasil belajar meningkat, hal ini dibuktikan dengan peningkatan dari pra siklus
sebesar 54,14, siklus I sebesar 70,36 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,21. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media gestik
mengalami peningkatan dan hasilnya memuaskan.
References
Abdillah, R., & Ningsih, R. S. (2023).
Penerapan Model Pembelajaran
Problem Based Learing (PBL) Untuk
Meningkatkan Hasil Belaar Siswa
Kelas Iv Sekolah Dasar Pada Mata
Pelajaran Matematika Di Sdn 195
Isola. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD
STKIP Subang, 9(2), 2003-2021.
Agitsna, L. D., Wahyuni, R., & Friansah, D.
(2019). Pengembangan lembar kerja
siswa berbasis Problem Based
Learning (PBL) pada materi bangun
ruang sisi datar. AKSIOMA: Jurnal
Program Studi Pendidikan
Matematika, 8(3), 429-437.
Alin, M. Y., & Hadi, M. S. (2023).
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
pada Mata Pelajaran Matematika
dengan Menggunakan Media Stik Es
Krim di SD Muhammadiyah
Kademangaran. JIM: Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Pendidikan
Sejarah, 8(3), 2799-2806.
Anas, R. M., Sulianto, J., & Sawitri, T.
(2023). Analisis Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning Dalam Pembelajaran
Matematika Sdn Sawah Besar 01
Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah
PGSD STKIP Subang, 9(2), 4113-
Andriyani, D., & Samiyem, S. (2022).
Peningkatan Prestasi Belajar Melalui
Metode Resitasipada Pelajaran
Matematika. Trihayu: Jurnal
Pendidikan Ke-SD-an, 8(3), 1435-
Anggraeni, P. N., Miyono, N., & Setyawati,
R. D. (2023). Penerapan Model
Pembelajaran Project Based
Learning Materi Penjumlahan Siswa
Kelas 1 Sekolah Dasar Tlogosari
Kulon 01 Semarang. AS-
SABIQUN, 5(3), 695-703.
Aprilia, U. I., & Kunijah, D. (2023, July).
Peningkatan Hasil Belajar
Menggunakan Model Problem Based
Learning Pada Mata Pelajaran
Matematika di Sekolah Dasar.
In Prosiding Seminar Nasional
Pendidikan Profesi Guru (pp. 1907-
.
Arfiani, S., Prayito, M., & Djama’i, N.
(2023, July). 261. Peningkatan Hasil
Belajar Matematika Menggunakan
Model PBL Berbantuan Media Papan
Penjumlahan dan Pengurangan di SD
Mijen. In Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan Profesi
Guru (pp. 1771-1779).
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan
kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Ariyana, I. K. S., & Suastika, I. N. (2022).
Model pembelajaran CIRC
(cooperative integrated reading and
composition) sebagai salah satu
strategi pembelajaran matematika di
sekolah dasar. Jurnal Ilmiah
Universitas Batanghari
Jambi, 22(1), 203-211.
Emilia, E., Rachmadyanti, P., & Fadjarwati,
F. (2023). Implementasi Model PBL
untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Mata Pelajaran Matematika di
SDN Medaeng 2 Sidoarjo. Journal on
Education, 6(1), 993-1001.
Gustina, G. (2023). Peningkatan Aktivitas
dan Hasil Belajar Matematika
Melalui Model Project Based
Learning. Jurnal Didaktika
Pendidikan Dasar, 7(1), 23-36.
Handayani, T., Susilowati, T., & Restian, A.
(2023). Peningkatan Hasil Belajar
Penjumlahan Menggunakan Model
PBL Berbantuan Media Seni Balitung
(Laba-Laba Berhitung) Peserta Didik
Kelas 1 Sdn Tlogomas 2
Malang. Pendas: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 8(2), 1191-1200.
Intansari, A. P., Yayuk, E., & Bintari, Y.
(2023). Pengunaan Media Colored
Stick Untuk Meningkatkan
Kemampuan Operasi Hitung
Penjumlahan Dan Pengurangan Pada
Pelajaran Matematika Peserta Didik
Kelas I Sdn Gabusbanaran. Pendas:
Jurnal Ilmiah Pendidikan
Dasar, 8(1), 3091-3101.
Jelita, dkk. (2019). Penerapan Pendekatan
Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) Berbasis Media Stik
Es Krim Untuk Meningkatkan
Kemampuan Komunikasi Matematis
Di Kelas 1 Sd Plus Nurul
Aulia. Collase (Creative of Learning
Students Elementary
Education), 2(1), 1-9.
Kharisma, A. I. (2020). Pengaruh
Penggunaan Alat Peraga Gatotkaca
Terbang Terhadap Hasil Belajar
Matematika Pada Siswa Kelas Iii
Sekolah Dasar. Jurnal Review
Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1),
–23.
Khotimah, S. ., & Risan, R. (2019).
Pengaruh Penggunaan Alat Peraga
Terhadap Hasil Belajar Matematika
Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal
Penelitian Dan Pengembangan
Pendidikan, 3(1), 48.
Ma’rifah, N. (2021). Upaya Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika
Menggunakan Media Stik Es Krim
Pelangi. Basic Education, 10(3), 289-
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan
Penelitian Tindakan Kelas Bagi
Guru? IJAR: Indonesian Journal of
Action Research, 1 (2), 315–327.
Magdalena, I., & Nurchayati, A. (2023).
Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Menggunakan Alat
Peraga Stik Es Krim pada Siswa Kelas
II SDI Alexandria. Al-DYAS, 2(3),
-497.
Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., &
Bentri, A. (2019). Pengaruh
Penggunaan Model Problem Based
Learning (PBL) (PBL) Terhadap
Hasil Belajar Siswa Di Sekolah
Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016-
Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis
Problematika Pelaksanaan Merdeka
Belajar Matematika. Jurnal Pacu
Pendidikan Dasar, 2(1), 55-64.
Patih, T., Halistin, H., Sangila, M. S., Agus,
I., Dedyerianto, D., La Hadi, A., ... &
Samrin, S. (2020). Peningkatan Hasil
Belajar Matematika Siswa
Menggunakan Model Pembelajaran
Berbasis Masalah Berbantuan
Multimedia Interaktif. Al-TA'DIB:
Jurnal Kajian Ilmu
Kependidikan, 13(2), 65-77.
Pranata, D. P., Frima, A., & Egok, A. S.
(2021). Pengembangan LKS
Matematika Berbasis Problem Based
Learning (PBL) pada Materi Bangun
Datar Sekolah Dasar. Jurnal
basicedu, 5(4), 2284-2301.
Prastiwi, A. A. (2022). Learning Obstacles
Materi Hubungan Antar Garis Pada
Pembelajaran Matematika Kelas Iv
Sekolah Dasar. Jurnal Elementary:
Kajian Teori dan Hasil Penelitian
Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2),
-152.
Ratna & Suheni. (2021). Penerapan
Penerapan Model Problem Based
Learning (PBL) untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika Materi
Pokok Penjumlahan dan
Pengurangan Bilangan
Desimal. Cokroaminoto Journal of
Primary Education, 4(2), 102-110.
Ratti, R. (2021). Penerapan Model PBL
Untuk Meningkatkan Kemampuan
Operasi Hitung Penjumlahan Dan
Pengurangan Siswa Kelas I:
Application of the PBL Model to
improve the ability of Addition and
Subtraction Count Operations for
Class I students. Neraca: Jurnal
Pendidikan Ekonomi, 6(2), 42-49.
Rivai, S., & Rahmat, A. (2023). Pelatihan
Pembuatan Media Pembelajaran
Matematika Untuk Pemahaman
Konsep Dasar Matematika Bagi
Mahasiswa Jurusan S1 Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Dikmas: Jurnal
Pendidikan Masyarakat dan
Pengabdian, 3(1), 57-68.
Rukinah, R. (2023). Peningkatan
Kemampuan Berhitung Penjumlahan
Dan Pengurangan Melalui Strategi
Problem Based Learning:(Penelitian
Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 2
SDN Kasomalang VIII Kecamatan
Kasomalang Tahun
/2023). JPG: Jurnal Penelitian
Guru FKIP Universitas Subang, 6(1),
-96.
Safitri, A., Makki, M., Hidayati, V. R., &
Fauzi, A. (2023). Pengembangan
Media Stik Es Krim Untuk
Kemampuan Berhitung Penjumlahan
Dan Pengurangan Kelas Ii Sdn 2
Lembuak, Kabupaten Lombok
Barat. Pendas: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 8(1), 5836-5848.
Sani, I. N., Bahar, A., & Elvinawati, E.
(2020). Perbandingan Model
Pembelajaran Problem Solving Dan
Problem Based Learning (PBL)
Terhadap Kemampuan Berpikir
Kritis Siswa Kelas XI MIA Man 2
Kota Bengkulu. Alotrop, 4(2), 720 –
Saputra, T. A., Dewi, N. K., & Istiningsih, S.
(2020). Pengaruh Model Problem
Based Learning (PBL) Terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa
Kelas IV SDN 1 Kawo Tahun Ajaran
/2020. Progres
Pendidikan, 1(1), 7-13.
Sunendi & Mareta M. (2023). Pengaruh
Penggunaan Alat Peraga Stik Kayu
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada
Materi Penjumlahan dan
Pengurangan di Kelas I. Jurnal
Ilmiah Mandala Education, 9(3).