Implementasi Permainan Bentengan Pada Pembelajaran Atletik Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial dan Keterampilan Tim

Authors

  • Florencia Amanda Putri Buana Universitas PGRI Semarang
  • Dani Slamet Pratama
  • Tubagus Herlambang
  • Dewi Trisnasari

Keywords:

Fortress game athletics, permainan bentengan, atletik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran  atletik menggunakan  permainan bentengan Pada Siswa Kelas X PS 2 SMK Negeri 8 Semarang . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas X PS 2 SMK Negeri 8 Semarang. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah lembar angket interaksi sosial dan keterampilan tim. Berdasarkan hasil observasi, pembahasan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran atletik melalui permainan bentengan pada siswa kelas X PS 2 SMK Negeri 8 Semarang selama 2 siklus dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan hasil angket siswa kelas X PS 2 SMK Negeri 8 Semarang dapat dilihat selama pra siklus dan siklus I. Diperoleh peningkatan rata-rata persentase untuk interaksi sosial dari 53% menjadi 79% dan keterampilan tim dari rata-rata persentase 55% menjadi 80%.

References

Anhar., Irawan, Ewan & Rusdin. Pengaruh Permainan Tradisional Bentengan Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 8 Sampai 11 Tahun Di Desa Nunggi. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan Pkm Bidang Ilmu Pendidikan), 3 (3). 239-244.

Asnah., Sukendro., Wulandari, B. A., & Yuliawan, Ely. (2022). Pembentukan Karakter Melalui Video Permainan Tradisional. Sains Olahraga: Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan,6(1), 29-40.

Cintia, N. I., Kristin, F. And Anugrahaeni, I. (2018) ‘Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Nichen Irma Cintia , 2 Firosalia Kristin & 3 Indri Anugraheni Universitas Kristen Satya Wacana Increasing Students ’ Thinking Creative Ability And’, Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), Pp. 69–77.

Kadir, F. (2015) ‘Strategi Pembelajaran Afektif Untuk Meningkatkan Pendidikan Masa Depan’, Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), pp. 135–149.

Machali, I. (2022) ‘Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru?’, Indonesian Journal Of Action Research, 1(2), Pp. 315–327. Doi: 10.14421/Ijar.2022.12-21.

Triyudho, R. (2017) ‘Meningkatkan Pembelajaran Teknik Shooting Dalam Permainan Sepakbola Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament Siswa Kelas X Ips 2 Sma Negeri 1 Kabawetan’, .Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(1), Pp. 44–49.

Utomo, P., Asvio, N. And Prayogi, F. (2024) ‘Metode Penelitian Tindakan Kelas (Ptk): Panduan Praktis Untuk Guru Dan Mahasiswa Di Institusi Pendidikan’, Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), P. 19. Doi: 10.47134/Ptk.V1i4.821.

Windayana, H. (2024) ‘Penelitian Tindakan Sekolah’, Bulletin Series Psychology, 79(2). Doi: 10.51889/2959-5967.2024.79.2.005.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Putri Buana, F. A., Dani Slamet Pratama, Tubagus Herlambang, & Dewi Trisnasari. (2024). Implementasi Permainan Bentengan Pada Pembelajaran Atletik Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial dan Keterampilan Tim. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020301. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7354

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.