UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 9 SEMARANG

Authors

  • SitiNurRahmawati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Bimbingan Klasikal, Project Based Learning, Motivasi Belajar

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi belajar dan hasil belajar, akan tetapi kuat dan lemahnya tingkat motivasi setiap orang berbeda hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti dorongan kognitif, harga diri dan kebutuhan berafiliasi. Fenomena yang terjadi berdasarkan hasil asesmen yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik terlihat tidak bersemangat selama pembelajaran berlangsung, dan perhatiannya lebih tertuju pada sesuatu yang bersebrangan dengan tugas belajarnya seperti main game di kelas. Untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, maka peneliti berupaya menerapkan layanan bimbingan klasikal dengan metode problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan Konseling (PTBK) dengan melakukan penelitian pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan terkait motivasi belajar peserta didik kelas XI – 8 di SMA N 9 Semarang dengan rata-rata tingkat motivasi belajar saat pre-test yaitu 52% menjadi 54% pada post-test siklus I, dan peningkatan lebih signifikan pada post-test siklus II, mencapai rata-rata 65%.

References

Afifuddin, H. 2012. Bimbingan Penyuluhan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Andriati, L., Sofyan Abdi, Anggara Nur Amri Mukminin, Wuri Tridayati. 2022. "Analisis Tingkat Motivasi Belajar Peserta didik Kelas XI SMK Negeri 1 Babelan." Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4:1349–58.

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. 2022. Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416

Aryani, F., Saman, A., & Bakhtiar, M. I. 2022. Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kepercayaan Diri Peserta didik. Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 69–82. https://doi.org/10.31960/konseling.v3i2.1391

Asy’ari, M., IGAA Novi Ekayati, and Andik Matulessy. 2014. "Konsep Diri, Kecerdasan Emosi Dan Motivasi Belajar Peserta didik." Persona:Jurnal Psikologi Indonesia 3(01). doi: 10.30996/persona.v3i01.372.

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahri Husaeni, Agung. 2023. "Survey Tingkat Motivasi Belajar Peserta didik Kelas XI SMK". Educatio 18(1):102–9. doi: 10.29408/edc.v18i1.12266.

Fatimah, D. N. 2017. Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Self

Control Peserta didik Smp Negeri 5 Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan

Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 25–37.

https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-03

Hamdayama, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembaelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Karimi, P.; Lotfi, AR.; and Biria, R. 2019. "Enhancing Pilot’s Aviation English Learning, Attitude and Motivation Through the Application of Content an Language Integrated Learning." Internasional Journal Of Instruction 12 No. 1.(E-ISSN : 1308-1470. www.e.iji.net. P-ISSN: 1694-609X pp 751–766).

Kemdikbud, 2013. Model Pembelajaran Berbasis Masalah/ PBL, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Khairinal, K., Kohar, F., & Fitmilina, D. 2020. "Pengaruh motivasi belajar, disiplin belajar, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik Kelas XI IPS SMAN Titian Teras." Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 379-387.

Khasanah, Uswatun. 2019. "Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Learning Cell Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar". Mimbar Ilmu 24(3):399. doi: 10.23887/mi.v24i3.21683.

Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015.Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru.Jakarta: Kata Pena

Mediawati, E. 2010. "Pengaruh Motivasi Belajar Mahapeserta didik Dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar." Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. 5(2):134-146.

Miraz, Saeful Sandra. 2018. Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Siswa Kelas X di SMA N 2 Garut. Vol 6 No.3. https://jurnal.fdk.uin.ac.id.

Nurasiah, Imas Masroh, Heris Hendriana, and Ecep Supriatna. 2022. “Gambaran Motivasi Belajar Pada Peserta didik Smp Pgri 1 Cianjur.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 5(1):19. doi: 10.22460/fokus.v5i1.7455.

Pemula, P. D. 2017. Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Tata

Tertib Sekolah Pada Peserta didik Kelas Xi Sma N I Pajangan Tahun Ajaran

/2017. 110265, 110493

Risnawita, M. Ghufron &. Rini. 2010. Teori - Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Rosidah, Ainur. 2017. Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Konsep Diri Peserta didik Underachiver. Jurnal Fokus Konseling. 3 (2), 154-162.

Santoso, S. 2016. Panduan Lengkap SPPS Versi 23. Elex Media Komputindo.

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A.M. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja

Grafindo Persada.

Sesri Utami, Priti, and Indra Jaya. 2021. "Motivasi Belajar Anak Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Awal Sekolah Dasar Kecamatan Sutera." Jurnal Pelita PAUD 5(2):239–46. doi: 10.33222/pelitapaud.v5i2.1318.

Solikhah, A. 2021. Optimalisasi Layanan Bimbingan Klasikal dengan Model Problem-Based Learning untuk Mengatasi Perilaku Bullying Peserta didik SMP. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 1151–1168. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.197

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung:

Refika Aditama.

Suprihatin, Siti. 2015. "Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik." Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol.3.No.1

Uno, Hamzah B. 2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisa di Bidang

Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Veronika Agnes, K. A. 2016. "Tingkat Motivasi Belajar Peserta didik (Studi Deskriptif Pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 Dan Implikasinya Terhadap Usulan Topik – Topik Bimbingan Belajar)." Universitas Sanata Dharma.

Vivin, V. 2019. Kecemasan dan motivasi belajar. Persona:Jurnal Psikologi

Indonesia, 8(2), 240–257. https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2276

Winkel. 2013. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.

Wuitt,W. 2001. “Motivation To Learn. An Overview. Educational Psychology Interactive.” Valdosta: Saldosta State University.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

SitiNurRahmawati. (2024). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 9 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 62–68. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5975

Issue

Section

Bimbingan dan Konseling