Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model PBL Berbantu Wordwall Pada Bahasa Indonesia Kelas Vb SDN Sarirejo
Keywords:
Motivasi Belajar, Problem Based Learning, Wordwall, Bahasa Indonesia, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media digital Wordwall dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas VB SDN Sarirejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar yang signifikan setelah penerapan model PBL berbantu Wordwall. Pada pra tindakan, skor rata-rata motivasi belajar peserta didik sebesar 59% dengan kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, skor meningkat menjadi 71%, dan pada siklus II mencapai 85% dengan kategori tinggi. Penerapan PBL mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, bekerja sama dalam kelompok, dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Sedangkan media Wordwall memberikan stimulus visual dan pengalaman belajar yang menyenangkan sehingga memperkuat ketertarikan dan keterlibatan peserta didik. Hasil ini menunjukkan bahwa kombinasi model PBL dan Wordwall efektif dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar. Temuan ini merekomendasikan penggunaan strategi pembelajaran inovatif dan berbasis teknologi dalam menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, interaktif, dan bermakna bagi peserta didik.
References
Azizah, R., & Yuliana, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Wordwall terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 7(1), 45–52.
Fauziah, N., & Winarsih, E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(2), 89–97.
Huda, R., & Maulana, A. (2023). Implementasi Model Spiral Kemmis dan McTaggart dalam PTK untuk Pengembangan Profesional Guru. Jurnal Pendidikan Dasar dan Inovasi, 7(1), 23–32. https://doi.org/10.36709/jpdi.v7i1.5678
Lestari, S. (2023). Implementasi Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Sosial pada Pembelajaran IPS. Jurnal Sekolah Dasar Indonesia, 5(1), 112–121.
Mulyoto, G. P. (2022). Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar: Relevansi dan Tantangan dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(3), 210–218.
Nurhayati, S. (2022). Media Digital Interaktif dalam Pembelajaran Sekolah Dasar: Studi Kasus Penggunaan Wordwall. Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 4(2), 132–141.
Prastiwi, E., & Halidjah, S. (2024). Penerapan model PBL berbantuan media pembelajaran interaktif Wordwall dalam upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa (JPDP), 10(1), 278–288. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.2758
Putri, R. A., & Saputra, Y. (2023). Efektivitas Media Wordwall dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan SD, 9(2), 98–106.
Safitri, E. (2023). Pengaruh Model PBL terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Inovatif Dasar, 6(2), 55–63. https://doi.org/10.36709/jpid.v6i2.4949
Surahmawan, A. N. I., & Lestari, W. (2022). Wordwall sebagai Media Evaluasi Interaktif dalam Pembelajaran Daring dan Luring. Jurnal Teknologi Pendidikan Dasar, 6(1), 55–63.
Suralaga, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 135–144.
Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuni, L., & Syahrial, Z. (2022). Penggunaan Wordwall sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Interaktif di SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Dasar, 8(3), 89–96. https://doi.org/10.25273/jtpd.v8i3.4123
Wijayanti, A., & Prasetyo, D. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Aktif di SD Melalui Media Interaktif. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(1), 71–80.