PENINGKATAN DAYA KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI METODE PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS XI SMA N 11 SEMARANG
Keywords:
kreatifitas, pendidikan, pancasila, pembelajaranAbstract
Kreativitas adalah cara berfikir yang baru asli. Daya kreativitas menggambarkan cara berfikir yang jauh lebih asli daripada pemikiran orang lain. model pembelajaran yang digunakan sudah monoton dan membosankan, mengakibatkan peserta didik mengalami kejenuhan dan tidak tertarik dalam menerima materi pembelajaran, hal ini juga menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai, ataupun tercapai dengan banyak hambatan, apalagi jika mata Pelajaran yang kurang diminati oleh peserta didik seperti Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Berdasarkan data yang diperoleh dari wawancara dan hasil observasi prasiklus, Guru Mapel PPKN masih menggunakan cara pemebelajaran konvesional serta belum sepenuhnya menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif. tujuan penelitian yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui untuk mengukur penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelas XI.DI SMA N 11 Semarang. hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model PjBL dapat meningkatkan daya kreatifitas peserta didik dalam pelajaran PPKn materi bentuk negara, bentuk pemerintahan, system pemerinatahan negara. Peningkatan pada peserta didik yang siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebesar 92%.
References
Dewi Anggelia, Ika Puspitasari, & Shokhibul Arifin. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398–408. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11377
Mega Farihatun, Siti, R. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Ter-hadap Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635–651. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31499
Mehmory, H. F., Sandy, W., Hasibuan, M., Husain, D. L., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Meningkatkan Softskill Siswa Melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning Pembuatan Majalah Dinding. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(1), 1–11.
Muhammad Rafik, Vini Putri Febrianti, Afifah Nurhasanah, & Siti Nurdianti Muhajir. (2022). Telaah Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(1), 80–85. https://doi.org/10.21009/jpi.051.10
Nahar, T., Hanifah, A. N., Anam, K., & Hanik, E. U. (2022). Peningkatan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran PPKn Melalui Metode Problem Based Learningg (PBL) pada Siswa Kelas III MI Miftakhul Huda Desa Kertomulyo Kecamatan Margoyoso. MASALIQ: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 144–158.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 119–131. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/329
Yuniarti, Haryadi, & Hariyati, N. (2021). Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran Teks Anekdot Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 73–81. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/17795%0Ahttp://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/viewFile/17795/6343
Zainuddin, A., Harahap, P., & Naldi, W. (2023). Motivasi Guru Menulis Karya Ilmiah; Faktor Penyebab dan Solusi (Studi Kasus Pada Guru Pai Di Sekolah Menengah Atas Negeri Rejang Lebong -Bengkulu). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 601–614. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3839