PENINGKATAN MINAT KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA PADLET PADA KELAS X-11 SMA NEGERI 9 SEMARANG
Keywords:
Padlet, Menulis Puisi, Hasil Belajar, Minat Menulis, SMA Negeri 9 SemarangAbstract
Di era digital ini, penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan semakin meluas. Pendidik mulai mengenalkan teknologi dalam proses pembelajaran ke peserta didik agar mereka mengetahui perkembangan zaman sekarang. Perkembangan teknologi digital yang semakin canggih ini juga menciptakan laman-laman yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Bentuk media pembelajaran yang terhubung dengan teknologi ialah padlet. Padlet adalah sebuah aplikasi daring gratis yang dapat diibaratkan sebagai papan tulis daring. Selain itu, padlet dapat dimanfaatkan baik oleh peserta didik maupun guru untuk berbagi catatan pada satu halaman yang sama. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan media yang berbasis teknologi ke dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Padlet terhadap hasil belajar dan minat menulis puisi siswa kelas X-11 SMA Negeri 9 Semarang. Metode penelitian yang digunakan sesuai dengan metode penelitian kelas ada umumnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-11 SMA Negeri 9 Seamarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dan minat menulis puisi siswa yang signifikan setelah menggunakan media Padlet. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai KKM yang mencapai 100% pada siklus II dan peningkatan minat menulis puisi dari 28,57% menjadi 80%. Peningkatan ini disebabkan oleh fitur-fitur menarik yang terdapat pada Padlet yang mampu meningkatkan kreatifitas siswa dalam menulis puisi.
References
Akhmadi, Muksin. 1990. Dasar-Dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: YA3 Malang.
Aminudin. 2008. Kreatif Menulis Puisi dan Cerita Pendek. Tangerang: Citarlab.
Apriliana, Adinda. 2022. Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa SMP Islam Al Kautsar. Jurnal Impresi Indonesia. 1 (6): 594—603.
Astute dan Ellin Krisnawati. 2008. Pembelajaran Puisi. Bandung: Angkasa.
Fitriani, Yeni. 2021. Penggunaan Aplikasi Padlet Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Bahasa, Sastra, Pembelajarannya. 4 (1): 1—15.
Karokaro, I.R. & Rohani. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika. 7 (1): 91—96.
Khalik, Abdul. 1999. “Pembelajaran Menulis Deskripsi dengan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing bagi Siswa Kelas IV SD Sumbersari 4 Kotamadya Malang”. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Maun, Muhammad. 2005. Penggunaan Media Pembelajaran pada Pengajaran Bahasa Asing di SMA. Ekspresi Media Komunikasi dan Informasi. 3 (6): 21—32.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nursisto. 1999. Penuntun Mengarang. Yogyakarta: Adi Cipta.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2010. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada Unversity Press.
Soeparno dan Mohamad Yunus. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
………….. ………….... 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wahyuni, Risti. 2014. Puisi, Prosa, dan Pantun Lama. Yogyakarta: Saufa.
Waluyo, Herman J. 2009 Teori dan Apresiasi Puisi. Bandung: Angkasa.
Qulub dan Renhoat. 2020. Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Prosiding Samasta. Hal. 1—5.