PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS IIC SDN KARANGANYAR GUNUNG 02
Keywords:
Keaktifan Belajar, Model Problem Based Learning, Sekolah DasarAbstract
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh kurangnya antusias dan semangat peserta didik serta pemanfaatan media dalam proses pembelajaran sehingga keaktifan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran masih rendah. Presentase nilai keaktifan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran yaitu sebesar 14% pada kriteria sangat rendah, 32% pada kriteria rendah, 29% pada kriteria sedang, dan 25% pada kriteria tinggi dengan rata-rata nilai keaktifan mencapai 55%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan pancasila melalui model problem based learning di kelas II C SD Negeri Karanganyar Gunung 02. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus terdiri dengan 1 kali pertemuan setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian peserta didik dan lembar observasi. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan menggunakan model problem based learning berbasis TPACK pada siklus I menunjukkan peningkatan sebesar 67%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan perolehan nilai rata-rata keaktifan peserta didik mencapai 81%. Disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pembelajaran pendidikan pancasila kelas II C SD Negeri Karanganyar Gunung 02.
References
Basir, M., Bayu, A. T., & Sudarjat, A. (2021). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Interaktif Pada Pembelajaran PJOK Secara Online. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 54.
http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1244
Harwati, C. (2020). Jurnal pendidikan profesi guru. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462
Herlina, R., & Sibarani, C. G. G. T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(2), 194–198. https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5016
Sisdiknas, Pub. L. No. 12, 19 1 (2003). https://www.google.com/search?q=Sisdiknas%2C+U.+(2003).+Undang-Undang+Nomor+20+Tahun+2003+Tentang+Sistem+Pendidikan+Nasional.+Jakarta%3A+Depdiknas.&rlz=1C1CHBF_enID1035ID1035&oq=Sisdiknas%2C+U.+(2003).+Undang-Undang+Nomor+20+Tahun+2003+Tentang+Sistem+Pend
Kusuma, Y. A., Muhroji, M., & Ratnawati, W. (2022). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Kelas V. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 139–143. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.214
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/991
Simarmata, M. Y., Yatty, M. P., & Fadhillah, N. S. (2022). Analisis Keterampilan Berbicara Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Negeri 1 Kuala Mandor B. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 47–59. https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1564