Implementasi Model Problem Based Learning Berbantu Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPAS Kelas IV

Authors

  • Rahma Rizky Sukma Universits PGRI Semarang
  • Veryliana Purnamasari Universits PGRI Semarang
  • Siti Khuluqul Khasanah Universits PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Flash Card, IPAS

Abstract

Tujuan Penelitian Ini Yaitu Untuk Menganalisis Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS. Penelitian Ini Adalah Jenis Penelitian Tindakan Kelas Yang Terlaksana Dalam Dua Siklus. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Ialah Observasi Dan Tes. Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahapan Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi Atau Evaluasi Dan Refleksi. Subjek Penelitian Ialah Peserta Didik Kelas IV B SDN Karanganyar Gunung 02 Yang Berjumlah 24. Pada Penelitian Ini Data Hasil Belajar Peserta Didik Dikumpulkan Dengan Lembar Observasi, Metode Analisis Data Dengan Analisis Deskriptif. Data Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa Pada Siklus I Hasil Belajar Peserta Didik Secara Klasikal Mencapai 62,50 % Dengan Nilai Rata-Rata 72. Pada Siklus II Hasil Belajar Peserta Didik Meningkat Menjadi 83,33% Dengan Nilai Rata-Rata 81. Berdasarkan Hasil Penelitian, Dapat Disimpulkan Bahwa Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPAS Karena Sudah Mencapai Indikator Ketuntasan Yaitu ≥ 80% Dari Rata-Rata Kelas Dengan KKTP ≥ 70.

References

Annisa, V., Fajrie, N., & Ahsin, M. N. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Gambar Ilustrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 1–8. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24176/Wasis.V2i1.4951

Handayani, R., Minarti, I. B., Mulyaningrum, E. R., & Sularni, E. (2023). Perwujudan Profil Pelajar Pancasila Melalui Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA Di SMPN 37 Semarang. Journal On Education, 6(1), 518–525.

Hasan, W. D. L., Istiani, H., & Chasanatun, F. (2023). Upaya Peningkatan Minat Belajar IPAS Siswa Kelas IV Melalui Media Flashcard Berbasis Kearifan Lokal. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 21(2), 759–771.

Irfadhila, D., Arin, A., & Aus, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.55606/Khatulistiwa.V3i2.1487

Kartika, M. Y., Arianti, A., & Alim, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Team Games Tournament Melalui Lesson Study Dengan Bantuan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 148–160. Https://Doi.Org/10.56910/Pustaka.V3i3.593

Khoirunnisa, A., Nulhakim, L., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Perpindahan Kalor Mata Pelajaran IPA. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 25–36. Https://Doi.Org/10.23917/Ppd.V1i1.10559

Krisdiana, M., & Jamaludin, U. (2023). Pengaruh Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 341–354.

Muna, A. K., Prayito, M., & Ruliyanti. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2085–2090.

Permatasari, B. D. (2019). The Influence Of Problem Based Learning Towards Social Science Learning Outcomes Viewed From Learning Interest. International Journal Of Evaluation And Research In Education, 8(1), 39–46. Https://Doi.Org/10.11591/Ijere.V8i1.15594.

Putri, A., & Ribawati, E. (2022). Penerapan Metode Neurosains Dalam Pembelajaran Sejarah. JEJAK: Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 2(1), 1–10. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22437/Jejak.V2i1.18248

Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369.

Sukron, M., Isdaryanti, B., & Tyastuti, H. D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Membangun Masyarakat Yang Beradab Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Bergambar Pada Peserta Didik Kelas IVA SDN Sampangan 02 Semarang. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6).

Tapiah, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Komik Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini 5–6 Tahun. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(1), 20–25.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9–16.

Wijayama, B. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Dan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas VI. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 190–198. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Kreatif.V10i2.23612

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36088/Fondatia.V4i1.515

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Rahma Rizky Sukma, Veryliana Purnamasari, & Siti Khuluqul Khasanah. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantu Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPAS Kelas IV. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3250–3258. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5659

Issue

Section

Prosiding 2023