Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Problem Based Learning (PBL) pada Materi Teknik Dasar Produksi Tanaman di Kelas X SMK Negeri 1 Bawen
Keywords:
Motivasi belajar, Problem Based Lerning, Teknik dasar produksi tanamanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi Teknik Dasar Produksi Tanaman. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I digunakan media karton sebagai alat bantu pembelajaran, sedangkan pada siklus II digunakan media digital Padlet untuk meningkatkan daya tarik dan partisipasi siswa. Instrumen pengumpulan data berupa non tes, yakni observasi dan angket motivasi belajar berdasarkan model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil observasi, motivasi belajar pada siklus I sebesar 51,17% meningkat menjadi 75,86% pada siklus II. Sedangkan hasil angket motivasi belajar menunjukkan peningkatan dari 78,6% pada siklus I menjadi 83% pada siklus II. Secara rinci, peningkatan terlihat pada seluruh aspek ARCS, yaitu Attention dari 76% menjadi 82%, Relevance dari 79% menjadi 85%, Confidence dari 80% menjadi 84%, dan Satisfaction dari 79% menjadi 81%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Teknik Dasar Produksi Tanaman di kelas X SMK Negeri 1 Bawen.
References
Annisa, A., Asrin, A., & Khair, B. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Kuripan tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 620-627. DOI: 10.29303/jipp.v7i2b.547
Arianti, A. (2018). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Ervina, A., Suharto, Y., & Rahmawati, R. (2023). Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X. Journal of Geographical Sciences and Education, 1(2), 64-78. https://doi.org/10.69606/geography.v1i2.60
Habib, L., Zubair, M., & Astuti, Y. T. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada kelas VIII C SMP Negeri 11 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 956-963.
Halawa, M. (2024). The Influence of Information and Communication Technology-Based Learning Media on Enhancing Students' Learning Motivation. Jurnal Pendidikan Vokasi Indonesia, 3(01), 13-18. https://doi.org/10.63401/jpvi.v3i01.140
Indriyani, D. C. W., Sugiaryo, S., & Mustofa, M. (2024). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peseta Didik di Kelas IV SDN Triyagan 01 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2022/2023.Jurnal Pendidikan Tambusai,8(1), 15182-15191. https://doi.org/10.58218/lambda.v3i2.649
Kiswoyowati, A. (2011). Pengaruh motivasi belajar dan kegiatan belajar siswa terhadap kecakapan hidup siswa. Portal Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 2(1), 12-16.
Keller, J. M. (2010). Motivational Design for Learning and Performance. In Motivational Design for Learning and Performance. Springer Science+Business Media. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1250-3
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan keaktifan pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Minarti, I. B., Nurwahyunani, A., Fajriyah, S. A., Sholekhah, S. D., Ardian, V. V. K., Lestari, S. A., & Firdaus, D. H. (2023). Integrasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi siswa di indonesia. NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 44-54.
Muhidin, Didin, & Kudus, Hilyas Hibatullah Abdul. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 32(2), 106–114.
Ningsih, P. R., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas III (Doctoral dissertation, State University of Malang). DOI: 10.17977/jptpp.v3i12.11799
Nurwahyunani, A., & Artharina, F. P. (2014). Pembelajaran berbasis bioedutainment pada mata kuliah pengetahuan lingkungan. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 3(2, Oktober). DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v3i2,%20Oktober.644
Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). Lantanida Journal, 7(1), 75-86. DOI: 10.22373/lj.v7i1.4440
Rahmandani, F., Hamzah, M. R., Handayani, T., & Fatimah, S. (2024). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Peningkatan Keaktifan dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMAN 2 Batu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1016-1027. DOI:https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.674
Sari, R. K., Mudjiran, M., Fitria, Y., & Irsyad, I. (2021). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik berbantuan permainan edukatif di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5593-5600. DOI: 10.31004/basicedu.v5i6.1735
Sukirman, S., & Solikin, M. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2(2), 49-60.
Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61-68. DOI:https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model pembelajaran problem based learning (PBL): Efeknya terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399-408. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
Yunitasari, I., & Hardini, A. T. A. (2021). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1700-1708. DOI: 10.31004/basicedu.v5i4.983