Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pelajaran Pancasila Kelas I B SD Negeri Pedurungan Kidul 01

Authors

  • jolang prasetyo Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil beljar, Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Latar belakang yang mendasari adanya penelitian Tindakan kelas ini yaitu kurangnya hasil
belajar yang di raih oleh siswa kelas I B SD N Pedurungan kidul 01. Tujuan penelitian ini yaitu
mengetahui peningkatan hasil belajar Pancasila melalui model Problem Based Learning (PBL) pada
Peserta didik kelas IB SDN Pedurungan Kidul 01 Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Metode
penelitian yang di gunakan yaitu penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan
berupa tes formatif, observasi, dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat di
simpulkan bahwasannya Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan sebagaimana telah diuraikan
dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari rata-rata nilai tes akhir siklus I
sebesar 72,14 sedangkan rata-rata nilai tes akhir siklus II sebesar 83,39. Jadi hasil belajar Pancasila
peserta didik mengalami peningkatan. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) dianggap berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, karena telah
mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Sehingga penelitian ini tidak perlu dilanjutkan
pada siklus berikutnya

References

Abbas, Nurhayati. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (problem based Instruction) dalam pembelajaran matematika di SMU. dalam Jurnal Pendidikan dan kebudayaan Jakarta, November 2004 Tahun ke-10, No.051.

Ahyar, A., Sihkabuden, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 5(2), 74-80.

Akmalia.(2016). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Numbered Heads Togeteher untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”.Skripsi.Bandung.Universitas Pasundan. Diakses Pada Desember 2021.

Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1941-1946.

Anugraheni, I. 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Poly-glot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9- 18

Astuti, I. P., Deshinta, A., & Noviani, S. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran PPKN Siswa Kelas II SD Negeri 3 Bantul. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Vol. 1, No. 1

Departemen Pendidikan Nasional, UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Bandung : Citra Umbara.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara,2008.Cetakan ke-8.

Hariyani, T. I., Mudzanatun, & Nugroho, A. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem based learning pada Pelajaran Bahasa Indonesia SDN Pandeanlamper 03 Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 3037–3049.

Karmajaya, I Wayan Agus; Kusmariyatni, Ni Nyoman. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 1, April 2018 P-ISSN : 2621- 5713, E-ISSN : 2621-5705.

Marisyah, A., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1514-1519.

Nurhasanah, S., Ariani, T., & Egok, A. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Rejosari. Linggau Journal Science Education, 2(3), 75–84.

Sanjaya, Wina.2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya Offest.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT Kencana

Wahyuni, N. K. A., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem based learning terhadap Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia). JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN PROFESI GURU, 3(1), 14–27.

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

prasetyo, jolang. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pelajaran Pancasila Kelas I B SD Negeri Pedurungan Kidul 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 472–483. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6236

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar