UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 1 MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS III SDN PANDEANLAMPER 03 SEMARANG
Keywords:
Peningkatan, Hasil Belajar, Problem Based LearningAbstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa disebabkan kurangnya pemanfaatan model pembelajaran yang sesuai serta media dalam proses pembelajaran. Presentase nilai hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran yaitu sebesar 32% siswa memenuhi KKM dan 68% siswa belum memenuhi KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 1 melalui model problem based learning di kelas III B Semester 1 SDN Pandeanlamper 03 Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes evaluasi. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan menggunakan model problem based learning berbasis TPACK pada siklus I menunjukkan peningkatan sebesar 71%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 100%. Disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 1 kelas III semester 1 SDN Pandeanlamper 03 Semarang.
References
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Cahyo, N. Agus. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Jogjakarta. Diva Widiasworo Erwin (2017: 170). Stategi dan metode mengajar siswa di luar kelas.Yogyakarta:pR-RUZZ MEDIA
Fuadah, L. F. (2021). Pengembangan LKPD elektronik (e-LKPD) berbasis problem based learning (PBL) bermuatan etnosains pada materi reaksi redoks kelas X di MAN 1 Cirebon. Skripsi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Yogyakarta.
Handoko, T., & Hani. (2018: 232). Manajemen pelatihan dan pengembangan. Yogyakarta:
Penerbit BPFE.
Hidayah, Nurul. 2015. “Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolahdasar”. Lampung: IAIN Raden Intan Lampung.
Hidayatullah, M. S., Pujiastuti, P., & Handayani, P. (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar Tema 1 Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas III SD Negeri III Pamotan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 3659-3670.
Mahfudah, S., Susatyo, A. & Widyaningrum, A. 2019. Keefektifan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Tema Panas dan Perpindahannya. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(1): 11.
Marsuni, M. G., Kaka, P. W., & Awe, E. Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Tema 1 Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas III SDI Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Citra Pendidikan, 2(2), 320-330.
Maulida, A. N., & Huda, C. (2023, July). 67. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II Melalui Model Problem Based Learning Pada Tema Kebersamaan di SDN 1 Bugo. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (pp. 603-613).
Nurhayati, Ariana. 2017. “Penerapan STAD Berbantu Kuartet Card Dalam Mata Pelajaran IPA Materi Energi Dan Perubahan Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Wonosari Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI.
Savery, J.R. 2018. Essential Readings in Problem-Based Learning Overview of Problem-Based Learning : Definitions and Distinctions. Purdue University Press, 4–16.
Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2017. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta.Jakarta.
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia DiniTK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Kencana. Jakarta.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Discovery Learning dapat Meningkatkan Hasil belajar IPA siswa kelas II A DN 169 Pekanbaru. Jurnal Universitas Riau Pekanbaru.
Wardhina, B. C. (2021). Analisis Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar (Penelitian Studi Literatur) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).