Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa SMA melalui Model Problem Based Learning pada Materi Fungsi

Authors

  • Fatimah Az-zahra Universits PGRI Semarang

Keywords:

penelitian tindakan kelas, keaktifan siswa, hasil belajar matematika, problem based learning

Abstract

Hasil belajar adalah kemampuan siswa setelah proses pembelajaran dari ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Keaktifan siswa dalam belajar adalah suatu upaya siswa saat proses pembelajaran sehingga siswa mampu mengembangkan potensi yang dimiliki dan meraih hasil belajar yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI 4 SMA Negeri 14 Semarang yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data penelitian diperoleh dari tes, observasi, dan dokumentasi. Data keaktifan siswa dianalisis dengan dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan membandingkan nilai keaktifan pada kondisi awal, setelah siklus satu, dan setelah siklus dua kemudian direfleksi. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan teknik kuantitatif yaitu dengan membandingkan persentase ketuntasan dan nilai rata-rata pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based Learning, diperoleh adanya peningkatan keaktifan siswa pada prasiklus sebesar 54,17%, pada siklus I meningkat menjadi 70,83%, dan pada siklus II persentase keaktifan siswa menjadi sebesar 83,3%. Persentase ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan dari 40% pada prasiklus, meningkat 62,86% pada siklus I, dan meningkat menjadi 88,57% pada siklus II.

References

Aminah, S. (2018). Efektivitas Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Indragiri, 1(4), 28-36.

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1).

Aprianti, E.-, & Sumargiyani, S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 1 Rantepao. Sigma, 8(2), 102. https://doi.org/10.53712/sigma.v8i2.1576

Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media pop up book untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 261–268.

Asrori & Rusman. (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Banyumas: Pena Persada.

Desi et al. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 1-5.

Dewi, W., Shanta, R., & Suryati. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 3 Wonokromo. Artikel telah dipresentasikan pada Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. (pp. 102-106)

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem-based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78.

Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students’ mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291–299.

Machali, M. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru?. IJAR: Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 12-21.

Mulyadi. (2022). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas XI IPA di SMAN 1 Pasir Penyu. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(4), 463-470.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan hasil belajar biologi melalui e-modul berbasis problem based learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17.

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724.

Putri, R. H., & Wardani, N. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 26(1), 138–148.

Safitri, M., Yennita, Y., & Idrus, I. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl). Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 103–112. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.103-112

Sisca et al. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas pendekatan pendekatan matematika realistik pada pembelajaran matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189-197.

Suardana, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tolak Peluru. Journal of Education Action Research, 3(3), 270–277.

Tsaniyyah, D., Marianti, A., & Isnaeni, W.(2019). Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Materi Sel dengan Metode Problem Base Learning Berbantuan Tutor Sebaya. Jurnal Phenomenon, 09(1), 21–35.

Wahyuni, I., Slameto Slameto, & Setyaningtyas, E. W. (2018). Penerapan Model PBL Berbantuan Role Playing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 356–363.

Wali, G. N. K., Winarko, W., & Murniasih, T. R. (2020). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Tutor Sebaya. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2), 164–173. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.3574

Widayanti, R., & Dwi Nur’aini, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480

Yanti, F. A., Desstya, A., & Perdana, R. (2021). Analysis of Physics Learning Outcomes in Terms of Student Learning Habits. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 9(1), 19. https://doi.org/10.33394/jlkf.v9i1.3727

Yuliyani, D., Utami, R. E., & Prayito, M. (2021). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas VIII SMP. 340–345.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Az-zahra, F. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa SMA melalui Model Problem Based Learning pada Materi Fungsi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1496–1505. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5286

Issue

Section

Prosiding 2023