192. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Paper Mode Quizizz Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Peby Noka Prasetya
  • Farida Nursyahidah
  • Sudarti

Keywords:

Problem Based Learning, Media Pembelajaran, Paper Mode Quizizz

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media pembelajaran Paper Mode Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik kelas III pada mata pelajaran Matematika. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 06 Wirosari sebanyak 25 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang masing- masing terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi serta 1 kali pertemuan evaluasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, studi dokumen, tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based  Learning (PBL) dengan media pembelajaran Paper Mode Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SDN 06 Wirosari. Pada pra siklus persentase hasil belajar peserta didik 36% kemudian meningkat pada siklus I sebanyak 64% dan meningkat lagi menjadi 88% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media pembelajaran Paper Mode Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III 06 Wirosari.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Prasetya, P. N. ., Nursyahidah, F. ., & Sudarti. (2023). 192. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Paper Mode Quizizz Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1717–1725. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4111

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)