187. Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Berbantuan Media Buku Cerita Bergambar
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, Buku Cerita BergambarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning Berbantuan media buku cerita bergambar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD 5 Klaling Dengan jumlah siswa 34 tahun akademik 2022 / 2023 dan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, pengujian, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media buku cerita bergambar menujukkan adanya peningkatan dalam setiap pertemuan. Hasil belajar peserta didik pada prasiklus mendapatkan 44% dengan kategori kurang dan pada siklus I mendapatkan 68% cukup sedangkan pada siklus II mendapatkan 91 % dengan kategoi sangat baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada peserta didik kelas 4 SD 5 Klaling dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan belajar peserta didik.