187. Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Berbantuan Media Buku Cerita Bergambar

Authors

  • Eva Maela Sofia
  • Suyoto
  • Sri Murwati

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Buku Cerita Bergambar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning Berbantuan media buku cerita bergambar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD 5 Klaling Dengan jumlah siswa 34 tahun akademik 2022 / 2023 dan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, pengujian, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media buku cerita bergambar menujukkan adanya peningkatan dalam setiap pertemuan. Hasil belajar peserta didik pada prasiklus mendapatkan 44% dengan kategori kurang  dan pada siklus I mendapatkan 68% cukup sedangkan pada siklus II mendapatkan 91 % dengan kategoi sangat baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada peserta didik kelas 4 SD 5 Klaling dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan belajar peserta didik.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Sofia, E. M. ., Suyoto, & Murwati, S. . (2023). 187. Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Berbantuan Media Buku Cerita Bergambar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1669–1679. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4106

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)