Peningkatan Keterampilan Bermain Drama Melalui Metode Project Based Learning
Keywords:
Drama, Probelam Based Learning, YoutubeAbstract
Pembelajaran sastra, khususnya drama, memiliki peran penting dalam mengembangkan aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik peserta didik. Namun, pada praktiknya, pembelajaran drama di sekolah kejuruan sering menghadapi kendala seperti rendahnya kepercayaan diri, kurangnya penghayatan peran, dan metode pembelajaran yang monoton. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan pendekatan inovatif yang mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bermain peran peserta didik kelas XI LK 2 SMK Negeri 8 Semarang melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media YouTube. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah 33 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara, dan penilaian unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan bermain peran. Nilai rata-rata meningkat dari 64 (pra-siklus), menjadi 70,4 (siklus I, ketuntasan 27,5%), dan meningkat lagi menjadi 86,83 (siklus II, ketuntasan 100%). Model PjBL berbantuan YouTube terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan, kolaborasi, kreativitas, dan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran drama.
References
Andriani, N.(2013). Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) untuk
Meningkatkan Keterampilan Siswa Memerankan Tokoh dalam Pementasan Drama Siswa Kelas XI IPB SMA Saraswati Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Volume 1 No. 7. doi: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/1155/1018
Arianto, I. S., Subali, B., & Linuwih, S. (2018). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smpn 1 Ngawen. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 96–101. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.288
Hamdan, A., & Made, A. I. (2023). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X TKR 4 di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik MesinUnesa, 12(01), 19–24.
Ismawati, E. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Suharjiyanto. 2012. Efektifitas Media Pembelajaran Digital pada Mata Pelajaran Kekuatan Bahan dan Komponen Mesin Materi Roda Gigi di SMK Muhammadiyah Bantu.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Kesuma, I. G. N., Simpen, I. W., & Satyawati, M. S. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Berbahasa Bali Melalui Media Pembelajaran Film Pendek. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(1), 52-59.
Aprilia, R. R., Sutama, I. M., & Sriasih, S. A. P. (2024). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DRAMA: APPLICATION OF PROJECT BASED LEARNING MODEL USING CANVA MEDIA TO IMPROVE DRAMA TEXT WRITING SKILLS. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 14(2), 311-317.
Rohman, K. Pengelolaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Abad ke 21 di SD Smart School Jakarta Selatan (Master's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Pandiangan, S. (2021). Penerapan Teknik Pembelajaran Rotating Roles Pada Materi Pokok Drama Untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Drama Siswa Kelas XI AKL 2 SMK Negeri 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2018/2019. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 94-110.