PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS SURAT PRIBADI MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 6 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Dian Nitatalia Universitas PGRI Semarang
  • Ngatmini Ngatmini Universitas PGRI Semarang
  • Susilowati Susilowati

Keywords:

peningkatan, keterampilan menulis, teks surat pribadi, model STAD, Wordwall

Abstract

ABSTRAK

 

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran teks surat pribadi menggunakan model STAD berbantuan media Wordwall pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 6 Semarang. Prosedur dalam penelitian ini yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sumber data dari peserta didik kelas VII B SMP Negeri 6 Semarang yang berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa prates dan pascates terkait teks surat pribadi, sementara teknik nontes berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis ini dilaksanakan untuk menghitung persentase hasil belajar pembelajaran teks surat pribadi dengan menggunakan model STAD berbantuan media Wordwall pada siklus I dan siklus II. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini terdapat peningkatan dalam keterampilan menulis teks surat pribadi. Hal tersebut didukung dengan adanya peningkatan dari siklus I dengan rerata 87,94% menjadi 95,45% pada siklus II. Selain itu, hasil observasi menunjukkan bahwa peserta didik menjadi lebih aktif, kreatif, dan sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Kata kunci: peningkatan, keterampilan menulis, teks surat pribadi, model STAD,   Wordwall.

 

 

 

References

Arikunto, S.dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiman, Arief. 2020. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pengaruhnya Bagi Kemampuan Berpikir Kritis dan Efikasi Diri. Purwokerto: CV Pena Persada.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Farhaniyah, Siti. 2021. “Penerapan Media Berbasis Worwall untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 127 Kota Jambi”. Jambi: Universitas Islam Negeri SulthanThaha Jambi.

Haerullah, Ade & Said Hasan. 2017. Model & Pendekatan pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: CV Lintas Nalar.

Hamdayana, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Khairunisa, Y. (2021). “Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase–Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika dan Probabilitas”. Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 2 No. 143-44.

Lestari, R. D. (2021). “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021”. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 1-6.

Manaksina, Oktaffi Arinna dkk. 2022. Model Pembelajaran Inovatif dan Rancangan Pembelajaran untuk Guru IPA SMP. Jombang: LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.

Moleong, Lexy J.. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ngatmini, dkk. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Nurdyansyah & Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Pranata, dkk. 2022. “Perwujudan Etika Islam dalam Bermedia Sosial Melalui Karya Jurnal Ilmiah Siswa Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Al Islam 1 Surakarta”. Jurnal. Surakarta: SMA Al Islam 1 Surakarta.

Prihatin, Yulianah. 2019. Model Pembelajaran Inovatif Teori dan Aplikasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Ruhaimi. 2013. “Peningkatan Minat Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Kooperatif Jigsaw Pada Kelas VI SDN 04 Pontianak”. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta.

Selviani, dkk. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Investigasion untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD”. Bandung: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Subarna Rakhma, dkk. 2021. Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suroso. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Classroom Action Research). Jogjakarta: Pararaton.

Sutopo, H.B.. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Pranada Media Grup.

Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suyitno, dkk. 2019. “Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang”. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Tarigan, Henry Guntur. 2021. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: penerbit Angkasa.

Yunie, Y.. 2015. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Psikoanalisis melalui Metode Aversion Therapy & Home Work. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-12-24 — Updated on 2024-12-24

Versions

How to Cite

Nitatalia, D., Ngatmini, N., & Susilowati, S. (2024). PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS SURAT PRIBADI MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 6 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 1–13. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5800

Issue

Section

Bahasa Indonesia

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.