10. Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Kuis Interaktif Pada Tema 7 Siswa Kelas II SDN 1 Bugo

Authors

  • Fiky Hanaunnadiya Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda Universitas PGRI Semarang
  • Suparti SDN I Bugo

Keywords:

Keaktifan Belajar, Model Problem Based Learning, Kuis Interaktif

Abstract

Keaktifan belajar yang menjadi salah satu indikator keberhasilan belajar dalam suatu kelas. Pembelajaran di SDN I Bugo menunjukkan rendahnya keaktifan belajar peserta didik. Aktivitas siswa yang lebih banyak mendengarkan dan proses pembelajaran masih bersifat teacher centered yang kurang memberi ruang terhadap peserta didik untuk mengolah pemikirannya secara aktif dan mandiri menimbulkan rasa jenuh sehingga siswa melakukan aktivitas lain diluar apa yang sedang dipelajari membuat suasana kelas semakin tidak kondusif. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik melalui model problem based learning berbantu kuis interkatif pada tema 7 SDN 1 Bugo.  Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas II SDN I Bugo dengan jumlah 28 anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tehnik analisis data yang digunakan deskriptif analitis kuantitatif dan kualitatif. Tahapan penelitian tindakan kelas  4 tahapan diantaranya (1)Perencanaan (2)Tindakan (3)Pengamatan (4)Refleksi. Hasil dari tindakan  Peningkatan tersebut ditunjukkan berdasarkan data hasil observasi dari total siswa 28 menunjukkan peningkatan pra siklus (55,82%), siklus I (61,35%), siklus II (66%), siklus III (70,14%). Hasil tersebut didukung dengan peningkatan hasil belajar pada pra siklus rata-rata klasikal (63,9%), siklus I (72,1%), siklus II (78,5%), siklus III (84,2%). Pada aktifitas belajar meningkat 15% dan hasil belajar 20%. Berdasarkan dat tersebut disimpulkan bahwa model problem based learning berbantu media interaktif dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas II SDN I Bugo.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Hanaunnadiya, F., Huda, C., & Suparti. (2023). 10. Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Kuis Interaktif Pada Tema 7 Siswa Kelas II SDN 1 Bugo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 76–86. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3917

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.