237. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tema 7 Melalui Model Pembelajaran Problem Based Lerning di Kelas III SDN 1 Bugo

Authors

  • Luly Efanovia Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda Universitas PGRI Semarang
  • Khumaidi SDN 1 Bugo Jepara

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Tematik

Abstract

Penelitian ini bertujua untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 7 melalui model pembelajaran problem based learning di kelas III SDN 1 Bugo. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas yang tediri dari tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah peserta didik pada kelas III yang berjumlah 27 peserta didik terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui metode tes dan non tes sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada Siklus I dengan nilai terendah 40, nilai tertinggi 90 rata-rata 64,81 dan ketuntasan klasikal 52%. Pada pelaksanaan Tindakan Siklus II diperoleh data dengan nilai terendah 50, nilai tertinggi 100 dengan rata-rata 74,44 dan ketuntasan klasikal 67%. Pada pelaksanaan Tindakan siklus III hasil belajar peserta didik yang diperoleh dengan nilai terendah 60, nilai tertinggi 100 rata-rata 84,07 dan pesentase klasikal 85%. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas III SDN 1 Bugo.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Efanovia, L., Huda, C., & Khumaidi. (2023). 237. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tema 7 Melalui Model Pembelajaran Problem Based Lerning di Kelas III SDN 1 Bugo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2110–2117. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4290

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)