67. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II Melalui Model Problem Based Learning Pada Tema Kebersamaan di SDN 1 Bugo

Authors

  • Alvin Nor Maulida Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda Universitas PGRI Semarang
  • Suparti SDN I Bugo

Keywords:

Hasil Belajar, Model Problem Based Learning (PBL), Kelas II Tema Kebersamaan

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah. Hal ini dikarenakan guru tidak memberikan pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan peserta didik. Peserta didik hanya duduk mendengarkan dan mencatat saat guru menjelaskan pelajaran. Dengan pembelajaran tersebut menjadikan peserta didik bosan dan berpegaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas 2 di SDN 1 Bugo. Hal itu di dukung dengan data hasil belajar saat melakukan ulangan harian semester II belum mencapai Kriteria Ketuntasan Mninimal (KKM). Hasil belajar yang mencapai ketuntasan hanya 12 dari 28 peserta didik atau 43%. Data hasil belajar ditunjukkan dengan nilai terendah yaitu 30 dan tertinggi 80 dengan rata-rata kelas 62,50. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 pada tema kebersamaan di SDN 1 Bugo. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar peserta didik yaitu : Nilai rata-rata pada siklus I pertemuan 1 sebesar 66,43 dengan prosentase 46%. Nilai rata-rata pada siklus I pertemuan 2 sebesar 69,00 dengan prosantase 54%. Nilai rata-rata pada siklus II pertemuan 1 sebesar 73,21 dengan prosentase 68%. Nilai rata-rata pada siklus II pertemuan 2 sebesar 75,00 dengan prosentase 75%. Nilai rata-rata pada siklus III pertemuan 1 sebesar 80,00 dengan prosentase 82%. Nilai rata-rata pada siklus III pertemuan 2 sebesar 83,93 dengan prosentase 100%. Saran yang di berikan yaitu guru dapat menggunakan model pembelajaran yang tepat supaya pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Maulida, A. N., Huda, C., & Suparti. (2023). 67. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II Melalui Model Problem Based Learning Pada Tema Kebersamaan di SDN 1 Bugo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 603–613. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3980

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)