Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup pada Kelas IIIa SD N Pandean Lamper 03 Semarang

Authors

  • Dian Nur Izzah Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda Universitas PGRI Semarang
  • Maryati SDN Pandeanlamper 03

Keywords:

Problem Based Learning, hasil belajar, peningkatan

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas IIIA di bawah nilai ketuntasan minimal. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 1 melalui model Problem Based Learning di kelas IIIA semester I. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Perolehan data melalui teknik tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIA SD N Pandean Lamper sebanyak 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIA SD N Pandean Lamper 03 tahun pelajaran 2023/2024. Dapat dibuktikan dengan data hasil belajar siswa, pada pra siklus jumlah ketercapaian hanya 36%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan jumlah ketercapaian 67%, kemudian meningkat menjadi 92% pada siklus II.

References

Aqib, Zainal. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya. .

__________. 2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Aqib, Zainal, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto & Rahardjo, M. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Direktorat pembinaan sekolah Menengah Atas. (2017). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dwi Susanti, Ribut. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Tema 1 Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas III SD N Sidomulyo 02. Universitas PGRI Semarang. Volume 4 Nomor 5 Tahun 2022

Fathurrohman, Muhamma. (2015:5). Model-model pembelajaran inovatif. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Ikklima, Balad.dkk. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas 4 Sdn Cukil 01 Kabupaten Semarang Semester Ii. Jurnal Pendidikan Berkarakter. Vol 1 (1) 347-353.

Jauhar, Mohamad. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi pustakarya.

Kemendikbud. 2013. Tematik Terpadu

Lisbiyaningrum, Ika, dkk. 2019. Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Universitas Kristen Satya Wacana. Vol 6 (2)

Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rusman. 2018. Model - model pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Sudjana, Nana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito

Syaful Bhari Dzamarah dan Arswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Edisi Revisi

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Izzah, D. N. ., Huda, C. ., & Maryati. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup pada Kelas IIIa SD N Pandean Lamper 03 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2803–2811. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5440

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>