UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENGENAL PERASAAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IIA SD NEGERI PANDEANLAMPER 03 SEMARANG

Authors

  • Laylyyatul Masrurah Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda Universitas PGRI Semarang
  • Maryati SD Negeri Pandeanlamper 03
  • Alifia Berlianingtyas SDN Pandeanlamper 03

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi mengenal perasaan pada siswa kelas IIA Sekolah Dasar Negeri Pandean lamper 03 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIA Sekolah Dasar Negeri Pandean lamper 03 Semarang tahun ajaran 2023/2024 pada semester I yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning hasil belajar kognitif pada siklus I memperoleh ketuntasan sebesar 61% (tuntas) dan 39% (tidak tuntas). Sedangkan pada siklus II dilakukan refleksi sehingga mengalami peningkatan dari siklus I dengan siklus II dengan capaian ketuntasan sebesar 93% (tuntas) dan 7% (tidak tuntas). Hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat diterapkan lebih lanjut guna meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi mengenal perasaan.

References

Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580

Agustina, Lusiana., Wahyu P., & Fitri S. (2023). “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Kosakata Baru Melalui Model Pembelajaran Pbl Dengan Games Tournaments Pada Kelas 2 Sdn Junrejo 2 Batu.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak: 2477-2143 ISSN Online: 2548-6950, Volume 08, Nomor 01, Juni 2023. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8441

Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembanagan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pem belajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.3 6230

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Bahtiyar, Y., Lina, Samsudin, & Ichans, A. S. (2022). Journal of Integrated Elementary Education. Jurnal of Integrated Elementary Education, 2(1), 55–62

Bungel, MF. (2014). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeru 4 Palu pada Materi Prisma. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. 2 (1): 45- 54.

Depdiknas . (2003) . Undang-undang RI No.20 tahun 2003. tentang sistem pendidikan nasional.

Etiubon, R & Anthonia, N. (2016). Problem Based Learning and Stidents Academic Achievement on Thermodynamics (A Case Study of University of Uyo, Akwa Ibom State, Nigeria). IQSR Journal of Research & Method in Education. 6 (5): 36- 41

Farhrohman, Oman. "Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI." Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar 9.1 (2017): 23-34.

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609

Narsa, I. Ketut. (2021) "Meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia pada materi menulis teks cerita fantasi melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning." Journal of Education Action Research 5.2 (2021): 165-170. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/33269

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135. https://doi.org/ 10.17509/jpm.v1i1.3264.

Putri, R. H., & Hardjono, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Mind Mapping. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 87–101

Seragih, Maria S. (2015). “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal PGSD FKIPUntanPontianak. http://jurnal.untan.ac.id/ index. php/jpdpb/article/view/9127.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Susilo, S. V. (2018). Refleksi Nilai-Nilai Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Upaya-Upaya Mengembalikan Jati Diri Pendidikan Indonesia. Cakrawala Pendas, 4(1), 33– 41. https://unma.ac.id/jurnal/index.php/CP/article/view/710

Yuafian, R., & Astuti, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 17–24. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3 216

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Masrurah, L. ., Huda, C. ., Maryati, & Berlianingtyas, A. . (2023). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENGENAL PERASAAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IIA SD NEGERI PANDEANLAMPER 03 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2887–2899. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5449

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>