27. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Melalui Model Project Based Learning Berbantu Media Audiovisual Pada Pembelajaran Tema 8 Di SDN 1 Bugo
Keywords:
Hasil Belajar, media audiovisual, Project Based LearningAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa peserta didik Kelas V SDN 1 Bugo yang kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajarnya di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas V SDN 1 Bugo setelah diterapkan model Project Based Learning dengan bantuan media audiovisual. Jenis penelitian ini adala
h penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 1 Bugo yang berjumlah 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada kondisi awal atau pra siklus, dimana nilai rata-rata peserta didik adalah 65,62 terdapat 14 peserta didik (44%), setelah itu mengalami peningkatan nilai rata-rata peserta didik siklus I sebesar 68,12 dan 18 peserta didik (56%). Pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata sebanyak 77,81 peserta didik atau 24 peserta didik (75%). Dan pada Siklus III nilai rata-rata peserta didik adalah 81,87, dan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 30 atau (94%).