Penerapan Model Pembelajaran Pbl Berbantu Media Papan Jurang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1
Keywords:
PBL, Papan Jurang, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantu media papan jurang pada peserta didik kelas I SDN Pedurungan Lor 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN Pedurungan Lor 02 Semarang sebanyak 27 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes evaluasi matematika. Instrumen penelitian yang digunakan adalah catatan lapangan dan lembar soal evaluasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantu media papan jurang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I SDN Pedurungan Lor 02 tahun pelajaran 2023/2024. Dapat dibuktikan dengan data hasil belajar peserta didik, pada pra siklus jumlah ketercapaian hanya 33%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan jumlah ketercapaian 52%, kemudian meningkat menjadi 89% pada siklus II.
References
Anggraini, M., & Mahmudah, I. (2023). Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Mata Pelajaran Matematika. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 125-131.
Arrosyad, M. I., Wahyuni, E., Kirana, D., & Sartika, M. (2023). Analisis Faktor Yang Mepengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika. Educativo : Jurnal Pendidikan, 222-228.
Hadun, F., Anwar, H., & Huljannah, M. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN JURANG PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 170-181.
Indhirawati, R., Fajrie, N., & W., S. S. (2023). Penggunaan Media Benda Konkret terhadap Hasil Belajar Matematika Tema Kegemaran pada Kelas III SDN Pangkemiri I Tulangan Sidoarjo. Journal on Education, 3426-3430.
Nurmilawati, Hardiati, Y., & Fendiyanto, P. (2023). Analisis Media Pembelajaran Papan Jurang (Panjurang) Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri 007 Sungai Pinang. (pp. 13-15). Samarinda: Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman.
Prastiwi, R., & Wathon, A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN. Sistim Informasi Manajemen, 1254-1283.
Winahyu, F. H., Nulhakim, L., & Rumanta, M. (2024). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berdiferensiasi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 661-669.