38. Peningkatan Hasil Belajar Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Vidio Siswa Kelas 5 SD N Angkatan Lor 03

Authors

  • Sinta Maharani
  • Bagus Ardi Saputro

Keywords:

Learning outcomes, Problem based learning, Video

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tematik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan pelaksanaan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari setiap siklusnya. Pada tahap pra siklus diperoleh nilai rata-rata 72. Pada siklus I nilai rata- ratanya adalah 77. Pada siklus II nilai rata-rata 80,7 dengan persentase ketuntasan 80,7%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dari pra siklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Maharani, S. ., & Saputro, B. A. (2023). 38. Peningkatan Hasil Belajar Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Vidio Siswa Kelas 5 SD N Angkatan Lor 03. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 339–348. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3927

Issue

Section

Prosiding 2023