182. Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD Negeri Angkatan Lor 03

Authors

  • Yayang Anggraeni
  • Bagus Ardi Saputro
  • Sriyanto

Keywords:

Hasil Belajar, Project Based Learning, pendidikan Pancasila

Abstract

Hasil belajar peserta didik yang kurang maksimal pada mata pelajaran pendidikan pancasila yang menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini menggunakan model Project Based Learning untuk mengkaji bagaimana peningkatan hasil belajar dan partisipasi siswa pada materi simbol pancasila dan lambang negara Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus. Langkah-langkah dalam proyek penelitian tindakan di kelas memerlukan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan refleksi. Kelas I menjadi subjek penelitian di SDN Angkatan Lor 03 semester genap tahun ajaran 2023. Jumlah keseluruhan di kelas I adalah 15 peserta didik. Informasi hasil belajar siswa dari siklus I sampai II disajikan menggunakan tabel dan diagram batang. Temuan penelitian menunjukkan hasil yang maksimal pada penyelesaian akhir Siklus II. Pendekatan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik Jadi, dapat dikatakan paradigma pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikan pancasila.

 

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Anggraeni, Y. ., Saputro, B. A. ., & Sriyanto. (2023). 182. Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD Negeri Angkatan Lor 03. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1638–1644. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4096

Issue

Section

Prosiding 2023