68. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pendekatan Problem Based Learning Siswa Kelas II di SDN Angkatan Lor 03

Authors

  • Etik Afia Maftuka Universitas PGRI Semarang
  • Bagus Ardi Saputro Universitas PGRI Semarang
  • Feri Budiarto SD Negeri Angkatan Lor 03

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Pembelajaran Tematik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas II di SDN Angkatan Lor 03. Penelitian ini dilaksanakan untuk mneingkatkan hasil belajar tematik peserta didik melalui pendekatan Problem Based Learning peserta didik kelas II SDN Angkatan Lor 03. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melalui 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II yang berjumlah 28 peserta didik dan variabel terikatnya yaitu pendekatan Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara tes dan non tes. Teknik tes dengan instrumen butir soal, teknik non tes berupa lembar observasi yang dilengkapi dengan  rubrik pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran dapat ditingkatkan dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar keselamatan perjalanan dan pulang sebelum menyelesaikan siklus, Siklus 1, Siklus 2: 46%, 68% dan 86%. Dari sini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar tematik.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Maftuka, E. A., Saputro, B. A., & Budiarto, F. (2023). 68. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pendekatan Problem Based Learning Siswa Kelas II di SDN Angkatan Lor 03. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 614–621. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3981

Issue

Section

Prosiding 2023