69. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV SDN Angkatan Lor 03
Keywords:
Hasil belajar Pendidikan Pancasila, problem based learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila materi Pola Hidup Bergotong Royong melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah 13 siswa kelas IV SD Negeri Angkatan Lor 03 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini didasari dari kegiatan observasi di lapangan. terdapat masalah yaitu siswa terlihat kurang aktif dalam saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan masih rendahnya hasil belajar siswa dibuktikan dengan nilai siswa yang masih di bawah KKM dalam pelajaran Pendidikan Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I nilai rata-rata menunjukkan peningkatan sebesar 69%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 85%.