69. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV SDN Angkatan Lor 03

Authors

  • Siti Fatimah Dwi Husadati Universitas PGRI Semarang
  • Bagus Ardi Saputro Universitas PGRI Semarang
  • Intafa’ah SD Negeri Angkatan Lor 03

Keywords:

Hasil belajar Pendidikan Pancasila, problem based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila materi Pola Hidup Bergotong Royong  melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah 13 siswa kelas IV SD Negeri Angkatan Lor 03 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini didasari dari kegiatan observasi di lapangan. terdapat masalah yaitu siswa terlihat kurang aktif dalam saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan masih rendahnya hasil belajar siswa dibuktikan dengan nilai siswa yang masih di bawah KKM dalam pelajaran Pendidikan Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I nilai rata-rata menunjukkan peningkatan sebesar 69%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 85%.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Husadati, S. F. D., Saputro, B. A., & Intafa’ah. (2023). 69. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV SDN Angkatan Lor 03 . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 622–633. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3982

Issue

Section

Prosiding 2023