111. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Explanation Pada Pelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Gambar Pada Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Anggun Rosemala Sari Universitas PGRI Semarang
  • Dias Andris Universitas PGRI Semarang
  • Dwi Budi Rahayu SMA N 6 Semarang

Keywords:

menulis, teks explanation, media-picture

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan keterampilan peserta didik dalam menulis teks explanation di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Semarang semester 2 Tahun Pelajaran 2022-2023 sebagai hasil penggunaan Media Picture. Penelitian ini juga digunakan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan pengetahuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik siklus yang terdiri dari dua tindakan siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk data kuantitatif berupa tes tertulis hasil karya peserta didik dan data kualitatif digunakan lembar observasi atau pengamatan. Teknik analisis data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan media picture dapat meningkatkan keterampilan menulis teks explanation. Capaian ketuntasan belajar peserta didik meningkat mulai dari dilaksanakannya siklus I yaitu sebesar 61,11%, sedangkan pada pra-siklus capaian ketuntasan belajar hanya 11,11%. Pada siklus II capaian ketuntasan belajar dapat melampaui 75% yaitu sebesar 77,78%.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Sari, A. R., Andris, D., & Rahayu, D. B. (2023). 111. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Explanation Pada Pelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Gambar Pada Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1012–1022. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4048

Issue

Section

Prosiding 2023