Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Konkret di Kelas 5 SDN Tlogosari Kulon 01 Semarang
Keywords:
keterampilan menulis, teks prosedur, project based learning, media konkretAbstract
Menulis merupakan suatu kegiatan penyampaian pesan, gagasan, perasaan, dan informasi secara tertulis kepada pihak lain. Salah satu kegiatan menulis yang dipelajari di kelas 5 yaitu menulis teks prosedur. Berdasarkan observasi awal di SDN Tlogosari Kulon 01 Semarang diperoleh gambaran bahwa keterampilan peserta didik menulis teks prosedur secara tepat masih kurang. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks prosedur melalui model project based learning berbantuan media konkret di kelas 5 SDN Tlogosari Kulon 01 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 5 berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis peserta didik pada siklus I nilai rata-rata tes adalah 73 maka termasuk katergori belum tuntas. Selanjutnya, pada siklus II nilai rata-rata tes adalah 85 maka ketuntasan belajar sudah termasuk kategori tuntas. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model project based learning dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis teks prosedur.
References
Aminah, S. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Dengan Model “Picture and Picture.” Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(1), 34–42. Diambil dari: https://doi.org/10. 35194 /jd.v3i1.999. Diakses pada 18 September 2023
Anggraeni, P., Miyono, N., & Setyawati, R. D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Materi Penjumlahan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Tlogosari Kulon 01 Kota Semarang. AS-SABIQUN, 5(3), 695-703. https:// doi.org/10.36088/assabiqun.v5i3.3281
Anh, D. T. N. (2019). EFL Student’s Writing Skills: Challenges and Remedies. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 9(6), 74– 84. Retrieved from: https://iosrjournals. org/iosrjrme/papers/Vol9%20Issue-6/Series1/J0906017484.pd
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Rosda Karya.
Destrinelli, D., Hayati, D. K., & Sawinty, E. (2018). Pengembangan media konkret pada pembelajaran tema lingkungan kelas III sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 313-333.
Hapsari, T. P. R. N., & Wulandari, A. (2020). Analisis Kelayakan Buku Ajar Milenial Berbasis Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran Teks Prosedur di Magelang. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran nya, 3(4), 351–364. Diambil dari: https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i4.125 Diakses pada 18 September 2023
Karunasree, K., & Francis, S. (2020). Developing Writing Skills of ESL Learners Using Task Based Language Teaching. Journal of Critical Reviews, 7(06), 6–8. Retrieved from: https://doi.org/10. 31838/jcr.07.06.02
Kemendikbud. (2023). Buku Siswa Bahasa Indonesia: Bergerak Bersama untuk SD Kelas V. Jakarta: Kemendikbud.
Kusuma, Bahari A.I. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Project Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Lovita, R. (2017). Keefektifan penggunaan media benda konkret terhadap kemampuan mengenal huruf pada siswa cerebral palsy kelas III di SLB Negeri 1 Bantul. Widia Ortodidaktika, 6(3), 241-251.
Martha, N. U., Krisnawati, V., Marahayu, N. M., Pri, N., & Andini. (2021). Penerapan Model Project Based Learning dalam Mata Kuliah Penulisan Bahan Ajar. Bidang 6: Rekayasa Sosial, Pengembangan Desa, Pemberdayaan Masyarakat.
Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2018). Pengembangan Alat Peraga Matematika untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Sarwahita, 11(1), 38-43.
Mutoharoh, S. (2018). Penggunaan media benda konkret dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas II di MI Ma’arif Nu Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi. IAIN Purwokerto.
Negari, G. M. (2011). A Study on Strategy Instruction and EFL Learners’ Writing Skill. International Journal of English Linguistics, 1(2), 299–307. Retrieved from: https://doi. org/10.5539/ijel.v1n2p299
Nurgiyantoro, Burhan. (2018). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Queroda, P. G. (2018). Theme writing skills of Pangasinan State University (PSU) education students. TESOL International Journal, 13(3), 31–44.
Retrieved from:https://files.eric.ed. gov/fulltext/EJ1247311.pdf
Riyanti, S., Susetyo, S., & Wardhana, D. E. C. (2019). Korelasi antara Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Sumber Rejo Kabupaten Musi Rawas. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 42-51
Rusmini. (2018). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri Pangkep. Diambil dari: http://lib.unnes.ac.id/40598/1/2101414018.pdf Diakses pada 18 September 2023
Tarigan, Henry Guntur. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wena, M. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer : Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.