238. Peningkatan Suasana Kondusif dan Kemampuan Mencermati Isi Teks Informasi Melalui Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Kelas 3 SDN Mijen 2 Demak

Authors

  • Novayati Universitas PGRI Semarang
  • Noor Miyono Universitas PGRI Semarang
  • Supa’at Sekolah Dasar Negeri Mijen 2

Keywords:

Suasana Kondusif, Kemampuan Mencermati Isi Teks, Media Audio Visual

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningakatan dari penggunaan media audio visual pada suasana kondusif dan kemampuan mencermati isi teks informasi siswa kelas 3. Berdasarkan data yang dikumpulkan melalui lima siklus penelitian, penggunaan media audio visual berkontribusi signifikan terhadap pembentukan suasana kondusif di kelas. Skor kondusivitas kelas meningkat dari pra siklus 1 (tidak kondusif) menjadi sangat kondusif pada siklus V. Seiring dengan peningkatan suasana kondusif, kemampuan siswa dalam mencermati isi teks informasi juga menunjukkan peningkatan signifikan. Peningkatan ketuntasan siswa dalam mencermati isi teks informasi dapat dilihat dari siklus I dengan persentase ketuntasan 44%, meningkat secara konsisten hingga mencapai 100% pada siklus V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media audio visual dapat dijadikan media yang efektif dalam meningkatkan suasana kondusif di kelas serta kemampuan mencermati isi teks informasi siswa kelas 3 SD Negeri Mijen 2 Kabupaten Demak.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Novayati, Miyono, N., & Supa’at. (2023). 238. Peningkatan Suasana Kondusif dan Kemampuan Mencermati Isi Teks Informasi Melalui Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Kelas 3 SDN Mijen 2 Demak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2118–2128. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4291

Issue

Section

Prosiding 2023