2. Penerapan Model Problem Based-Learning Untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Sisw Kelas III SD Negeri Mijen 2

Authors

  • Sayyidatul Hasna
  • Noor Miyono
  • Supa’at

Keywords:

Problem based-learning, Hasil belajar, Aktivitas belajar

Abstract

Penelitian ini terkait peningkatan hasil dan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model problem based-learning  pada pembelajaran tematik siswa kelas III SD Negeri Mijen 2 dengan mengobservasi keaktivan fisik, mental, emosional serta hasil evaluasi belajar siswa setelah penerapan model problem based-learning. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan terdiri dari pembelajaran Pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Dimana tiap-tiap siklus terdiiri dari empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatau atau obserfasi dan (4) refleksi.  Berdasarkan analisis data dari 3 indikator diperoleh hasil sebagai berikut. pada praktik pembelajaran Pra-siklus menunjukkan siswa dengan aktivitas belajar rendah sebanya 44% sedangkan siswa dengan aktivias belajar tinggi sebanyak 56%. siklus I aktivitas belajar siswa meningkat. Siswa dengan aktivitas belajar rendah sebanyak 22% sedangkan siswa dengan aktivitas belajar tinggi meningkat sebanyak 78%. Pada siklus 2 siswa dengan aktivitas belajar rendah menurun menjadi 11% sedangkan siswa dengan aktivitas belajar tinggi meningkat menjadi 89%. Selain aktivitas belajar model problem based-learning  juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari pembelajaran pra siklus siswa yang dapat mengerjakan soal evaluasi dan tuntas sesuai kriteria KKM sebanyak 33% dengan rata-rata nilai 54,5. Pada siklus 1  siswa yang dapat mengerjakan soal evaluasi dan tuntas sesuai kriteria KKM sebanyak 78% dengan rata-rata nilai 71,2. Sedangkan pada siklus 2 siswa yang dapat mengerjakan soal evaluasi dan tuntas sesuai kriteria KKM sebanyak 89% dengan rata-rata nilai 80. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa tindakan penelitian berhasil karena nilai indikator aktivitas belajar siswa dan jumlah siswa yang dinyatakan aktif secara klasikal telah mencapai 80%. Dan rata-rata hasil belajar dapat mencapai kriteria KKM. Dengan demikian maka penggunaan model problem based-learning (PBL) dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa di kelas III SD Negeri Mijen 2.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Hasna, S. ., Miyono, N., & Supa’at. (2023). 2. Penerapan Model Problem Based-Learning Untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Sisw Kelas III SD Negeri Mijen 2. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 9–17. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3896

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)