132. Improving Student’ Listening Ability Through The Use OF YouTube- Based Audio Visual Media in VIII D Class SMP Negeri 6 Semarang
Keywords:
Listening skills, Audio- Visual, YouTubeAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Semarang pada siswa kelas VIII D yang kemampuan siswanya untuk materi mendengarkan bahasa Inggris cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media Audio-Visual berbasis YouTube dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah media Audio- Visual berbasis YouTube dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I hanya mencapai 33,33% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 55,55% Pada siklus III tuntas maksimal menjadi 88,89 % untuk hasil aktivitas belajar. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Audio-Visual berbasis YouTube dapat meningkatkan hasil prestasi belajar.