34. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi SDN Mijen 2 Demak

Authors

  • Naila Intan Muna Agustina
  • Noor Miyono
  • Supa’at

Keywords:

Model project based learning, Kerjasama, hasil belajar, pembelajaran berdiferensiasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek melalui pembelajaran diferensiasi. Metode penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif untuk membandingkan hasil belajar setelah tindakan siklus I, siklus II, siklus III. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Mijen 2 yang berjumlah 16 orang. Data teknik pengumpulan berupa rubik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penerapan model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap sikap kerjasama siswa. Hal ini dibuktikan dengan siklus I diperoleh hasil persentase 56,25%. siklus II meningkat dengan perolehan persentase sebesar 62,5%. Pada siklus III didapatkan persentase 75%. Peningkatan sikap kerjasama ini juga berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari hasil penelitian ini dengan menerapkan model Project Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Agustina, N. I. M. ., Miyono, N. ., & Supa’at. (2023). 34. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi SDN Mijen 2 Demak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 286–295. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3910

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)