Implementasi Model Problem Based Learning Berbantu Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V
Keywords:
Problem Based Learning, Quizizz, Hasil belajarAbstract
Pada abad 21 peserta didik didorong untuk mengembangkan kemampuan dalam mencari informasi, berpikir analitis, serta berkolaborasi menyelesaikan masalah. Hal ini berlaku dalam semua kegiatan pembelajaran di sekolah, khususnya dalan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Quizizz. Terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan, dan refleksi kegiatan pembelajaran IPAS di kelas V SDN Tambakrejo 01 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, soal tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum penerapan model pembelajaran PBL berbantu Quizizz, hasil belajar IPAS peserta didik kelas V masih rendah. Hanya 33% yang mencapai KKTP. Pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar setelah penerapan PBL berbantu Quizizz, hasilnya masih belum mencapai tingkat yang memuaskan yaitu 52% peserta didik yang mencapai kriteria. Pada siklus II, terjadi peningkatan dalam hasil belajar. Sebanyak 81% peserta didik mencapai nilai ketercapaian KKTP. Hal ini menunjukan bahwa bahwa penerapan PBL berbantu Quizizz efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik di kelas V SDN Tambakrejo 01 Semarang. Model pembelajaran ini mendorong keterlibatan peserta didik, interaksi, dan pemecahan masalah, yang pada akhirnya meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar peserta didik dengan bukti keaktifan 81% menunjukkan peserta didik lebih antusias dan tertarik dalam belajar.
References
Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116. Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu/Article/View/1288.
Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 53.
Arrahim, A., Sugiharti, R.E., Hanayulianti, H. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 208-218. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i2.120037.
Azizah, Z., Taqwa, M. R. A., & Assalam, I. T. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Menggunakan Instrumen Berbantukan Quizizz. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 8(2), 1–11. https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23971/Eds.V8i2.1707
https://peraturan.bpk.go.id/Details/224242/permendikbud-no-22-tahun-2016
Istiqomah, N., Sulianto, J., & Nugroho, A. A. (2023). Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Liveworksheet Pada Pembelajaran IPA Di Kelas VI
SDN Tambakrejo 01 Kota Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 2477-5673
Lestari, P., Setyawati, R. D., & Reffiane, F. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Quizizz
untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD N Peterongan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8589-8598. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/7588
Lider, G. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Semester 1 Sd Negeri 5 Sangsit. Indonesian Journal Of Educational Development, 3(1), 189–198. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.6575177
Maharani, D., Ramalisa, Y., & Pasaribu, F. T. (2022). Desain E-Lkpd Berbasis Case Based Learning (Cbl)
Dengan Berbantuan Aplikasi Quizizz Pada Materi Persamaan Lingkaran. Pendidikan Matematika.
Muhtadi, A. (2019). Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Siti Rahmatul Fitriyah, E. F. F. (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizz Materi Beriman Kepada Malaikat
Allah Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di
Masa Pandemi Covid-19. Academia Open, 15, 1–13.
Https://Doi.Org/10.21070/Acopen.4.2021.3032
Sodiq et al. (2021). Persepsi Guru dan Peserta Didik Terhadap Penggunaan Aplikasi Berbasis Web Quizizz Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta,Cv.