290. Peningkatan Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK pada Materi Peluang melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah

Authors

  • Nisrina Fatin
  • Muhtarom
  • Sri Subandiyah

Keywords:

pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar siswa, kemampuan pemecahan masalah, peluang

Abstract

Berawal dari kurangnya keaktifan, kemampuan pemecahan masalah, serta hasil belajar siswa yang optimal yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip yang tertuang dalam standar proses menjadi dasar penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMK pada materi peluang melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Model yang digunakan di penelitian ini adalah Kurt Lewin dengan 4 langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian adalah peserta didik kelas XI-DPIB 1 SMK N 4 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar peserta didik sebelumnya adalah 35% dan setelahnya terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik yakni 88%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwasanya pendekatan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas XI SMK pada materi peluang. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah juga mengakibatkan peserta didik aktif dalam proses pembelajaran daripada sebelum diterapkannya model ini.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Fatin, N. ., Muhtarom, & Subandiyah, S. . (2023). 290. Peningkatan Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK pada Materi Peluang melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2585–2595. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3992

Issue

Section

Prosiding 2023