Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Menggunakan E-Modul Kelas X SMA

Authors

  • Setyawati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

media pembelajaran, e-modul, menulis, digital

Abstract

Keterampilan menulis peserta didik kelas X SMA N 10 Semarang tergolong rendah, sehingga pengembangan keterampilan menulis menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang sesuai diterapkan pada keterampilan abad 21 sesuai kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari pembelajaran yang mengutamakan fokus terkait peningkatan keterampilan menulis peserta didik kelas X SMA dalam pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan bantuan media e-modul. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas. Desain penelitian dilakukan dengan melalui siklus-siklus. Terdapat siklus I dan siklus II. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA dan data yang diperoleh terkait penguasaan keterampilan menulis peserta didik dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Pengumpulan data dilakukan untuk menganalisis hasil keberhasilan penelitian tindakan kelas dengan media e-modul mampu meningkatan keterampilan dalam menulis teks laporan hasil observasi yang ditinjau dari nilai tugas yang diberikan pada setiap siklus. Dari data diperoleh hasil bahwa rata-rata skor mengalami peningkatan dari segi aspek kategori penilaian yang telah ditentukan dengan peningkatan berturut-turut sebesar 22%, 64%, dan 92%. Selain itu, Secara keseluruhan e-modul bisa dinyatakan sangat layak untuk tetap digunakan. Beberapa jenis pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan e-modul sudah membuktikan bahwa e-modul sangat efektif untuk membantu pembelajaran jarak jauh maupun dalam kelas.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Setyawati. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Menggunakan E-Modul Kelas X SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 211–220. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4792

Issue

Section

Prosiding 2023