Implementasi Media Pembelajaran KBM App dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X

Authors

  • Linda Safitri Universitas PGRI Semarang
  • Ahmad Rifai Universitas PGRI Semarang
  • Umi Chasanah SMA Negeri 2 Semarang

Keywords:

media pembelajaran KBM App, keterampilan menulis puisi

Abstract

Terdapat empat keterampilan berbahasa yang mutlak untuk dikuasai peserta didik, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Akan tetapi, tidak jarang pula guru menemukan suatu permasalahan dalam mengembangkan keempat keterampilan tersebut. Pentingnya pembelajaran menulis menjadikan guru harus berusaha untuk meningkatkan kemampuan menulis pada peserta didik. Hal ini dikarenakan bahwa pembelajaran menulis sampai sekarang masih terdapat beberapa kendala, khususnya pada pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan adanya permasalahan tersebut, guru melakukan pemberian tindakan dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan menerapkan media pembelajaran berbasis teknologi, yaitu KBM App. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas X-11 SMA Negeri 2 Semarang dengan jumlah peserta didik 36 sebagai subyek penelitian. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus pada penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penerapan media KBM App dalam pembelajaran menulis puisi, peserta didik mengalami perubahan dan peningkatan hasil belajar, peserta didik lebih mudah dalam menemukan ide dan makna yang akan disampaikan melalui puisi. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media KBM App dapat mengembangkan keterampilan menulis puisi pada peserta didik. Pembelajaran dengan media ini juga sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, dimana teknologi adalah salah satu hal yang harus dimanfaatkan dalam perkembangan pendidikan di Indonesia.

References

Akhmadi, Muksin. 1990. Dasar-Dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: YA3 Malang.

Aminudin. 2008. Kreatif Menulis Puisi dan Cerita Pendek. Tangerang: Citarlab.

Astute dan Ellin Krisnawati. 2008. Pembelajaran Puisi. Bandung: Angkasa.

Karokaro, I.R. & Rohani. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika. 7 (1): 91—96.

Khalik, Abdul. 1999. “Pembelajaran Menulis Deskripsi dengan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing bagi Siswa Kelas IV SD Sumbersari 4 Kotamadya Malang”. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Maun, Muhammad. 2005. Penggunaan Media Pembelajaran pada Pengajaran Bahasa Asing di SMA. Ekspresi Media Komunikasi dan Informasi. 3 (6): 21—32.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Nursisto. 1999. Penuntun Mengarang. Yogyakarta: Adi Cipta.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2010. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada Unversity Press.

Soeparno dan Mohamad Yunus. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyuni, Risti. 2014. Puisi, Prosa, dan Pantun Lama. Yogyakarta: Saufa.

Waluyo, Herman J. 2009 Teori dan Apresiasi Puisi. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Linda Safitri, Rifai, A. ., & Chasanah, U. (2024). Implementasi Media Pembelajaran KBM App dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 220–228. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5964

Issue

Section

Bahasa Indonesia