Penerapan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Penggunaan EYD dalam Menulis Teks Laporan Hasil Observasi
Keywords:
EYD, Quizizz, Laporan Hasil ObservasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dalam menulis teks laporan hasil observasi oleh peserta didik kelas X Kuliner 4 di SMK Negeri 6 Semarang dengan menggunakan aplikasi Quizizz. Kendala terkait penggunaan EYD muncul akibat pengaruh media sosial dan komunikasi digital, yang telah membuat bahasa peserta didik menjadi lebih santai dan informal. Penelitian ini berfokus pada mengatasi masalah ini dengan pendekatan yang menarik dan efektif. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini untuk mengatasi rendahnya pemahaman dan penerapan EYD di kalangan peserta didik di SMK N 6 Semarang. Tujuan utama penelitian adalah untuk mengevaluasi sejauh mana penerapan Quizizz efektif dalam meningkatkan pemahaman EYD peserta didik. Penelitian terdiri dari dua siklus, yang melibatkan serangkaian tahapan mulai dari identifikasi masalah, perencanaan, tindakan, pengamatan, hingga refleksi. Pada pelaksanaan tindakan, guru memperkenalkan aplikasi Quizizz kepada peserta didik, memberikan tugas menulis teks laporan hasil observasi, dan melaksanakan kuis EYD melalui Quizizz. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman EYD dan kemampuan menulis peserta didik. Pada siklus I, sekitar 61% peserta didik belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), sementara pada siklus II, sebanyak 94% peserta didik berhasil mencapai KKTP. Peserta didik menunjukkan antusiasme, partisipasi aktif, dan semangat belajar saat menggunakan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran EYD. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman dan penerapan EYD dalam menulis teks laporan hasil observasi, serta menegaskan bahwa penerapan Quizizz adalah cara yang efektif dalam meningkatkan pemahaman EYD peserta didik serta memberikan saran dan rekomendasi bagi guru dan pihak terkait untuk mengembangkan pembelajaran penggunaan EYD yang lebih inovatif dan menarik bagi peserta didik.