Project Based Learning (PjBL) dengan Transparansi Rubrik Penilaian untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Praktikum Biologi Kelas XII
Keywords:
Keterampilan Proses Sains, Praktikum, Project Based Learning, Rubrik PenilaianAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan metode praktikum dan strategi transparansi nilai pada materi metabolisme di kelas XII MIPA SMA. Penelitian ini dilakukan di Kelas XII MIPA-2 SMA Negeri 8 Semarang yang berjumlah 36 siswa, meliputi 13 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi laporan praktikum untuk mengukur KPS siswa. Model pembelajaran PjBL dengan metode praktikum merupakan salah satu metode dalam pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk mengembangkan keterampilan proses sains. Transparansi rubrik nilai juga dapat digunakan sebagai motivasi siswa untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan KPS dengan persentase rata-rata KPS dari 68% (kriteria baik) menjadi 93% (kriteria sangat baik). Terdapat 4 dari 8 indikator KPS yang pada siklus I perlu ditingkatkan yaitu melakukan percobaan, pengamatan, hipotesis dan menafsirkan data. Pada siklus II keempat indikator tersebut mengalami peningkatan yaitu melakukan percobaan dari 56% menjadi 87% , pengamatan 56% menjadi 94%, hipotesis dari 58% menjadi 89% dan menafsirkan data 58% menjadi 97%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL dengan metode praktikum dan strategi transparansi nilai dapat meningkatkan KPS siswa pada praktikum biologi kelas XII.
References
Agustina, P., Saputra, A., Anif, S., Rayana, A., Probowati, A. 2021. Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI IPA SMA pada Praktikum Biologi. Edusains, 13(1) : 1-7. https://doi.org/10.15408/es.v13i1.11015
Amin, A. M., Adiansyah, R., & Hujjatusnaini, N. (2021). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Keterampilan Argumentasi pada Mahasiswa Biologi.Jurnal Biotek,9(2), 140-157. https://doi.org/10.24252/jb.v9i2.23092
Amiruddin, Sarah, D. M. ., Vika, A. I. V., Hasibuan, N. ., Sipahutar, M. S. ., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 210-219. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i01.1596
Anggriani F., Wijayanti N., Susatyi E B., Kharomah. 2019. Pengaruh Project Based Learning Produk Kimia Terd=hadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jipk. Vol. 13(2) : 2404-2413.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Cahyaningsih, R. N., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Multimedia Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 34–40. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25014
Fauziah, F. M. (2022). Systematic Literature Review: Bagaimanakah Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains yang Efektif Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis?. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 455-463.
Fitriana, Kurniawati, Y., & Utami, L. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta didik Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory. Jurnal Tadris Kimiya, 4(2), 226-236.
Fitriana., Kurniawati, Y., & Utami, L. 2019. Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory . Jurnal Tadris Kimia. Vol 4 (2) : 226-236.
Habiba, R., Hartadiyati, W.H., Nurwahyuni, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Materi Sistem Regulasi Berbantu Media Flashcard Bermuatan Sustainability terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif di SMA. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship V Tahun 2018. 369–375
Hamidah, N. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Candimulyo pada Materi Perubahan Lingkungan. JIP. Vol. 1(2) : 129-142. https://doi.org/10.60132/jip.v1i2.37
Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa.Indonesian Journal of Intellectual Publication,1(3), 198-203.https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.
Hartati, H., Fahruddin, F., & Azmin, N. 2021. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar siswa. JISI[. Vol. 5 (4).
Jelita, Y., Handayani, D., Amida, N .(2021). Pengembangan KIT (Komponen Instrumen Terpadu) Praktikum Kimia Berbasis Guided Inquiry pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia. Vol 5 (2) : 149 - 158. https://doi.org/10.33369/atp.v5i2.17120
Juraedah., Nasir, M., Fahruddin. (2023). Implementasi Praktikum Biologi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2022 / 2023. JUPEIS. Vol 2 (3) : 127 - 135. https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol2.Iss3.772
Khairudin, M., Triatmaja, A. K., Istanto, W. J., & Azman, M. N. A. (2019). Mobile virtual reality to develop a virtual laboratorium for the subject of digital engineering.Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 13, no. 4, pp. 79–95, 2019, doi:10.3991/ijim.v13i04.10522.
Kurniawati, E.E., Sumarti, S.S., Wijayati, N., & Nuswowati, M. (2021). Pengaruh Project Based Learning Berorientasi Chemoentrepreneurship Berbantuan E-LKPD terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Wirausaha. SJU. Vol. 10 (1) : 61-67.
Mainde, D., Mtonga, D.E., Sakala, E., Chola, D.K., Magasu, O., Chileshe, S., Mpolomoka, D.L. (2022). Adapting Fadel’s Four - Dimensional Education Model in Teaching and Learning Civic Education In 21st Century Zambia. Journal of Education and Practice. Vol 13(33) : 140 - 147.
Mulyani H., Sujarwanta A, Asih T. 2019. Pengembangan Kerja Ilmiah Kompetensi Psikomotorik Melalui Model Scientific Approach PJBL Berbasis Praktikum. SNPPM. ISBN 978-623-90328-2-1. Hlm. 16 – 25. https://repository.ummetro.ac.id/files/artikel/2638a073f854f781458d5a4bfb508c81.pdf
Nuaidah, T., Sugianto., Yuliana, E.(2022). Pengembangan Instrumen Assessment Berbasis Keterampilan Proses Sains Siswa pada Praktikum Uji Zat Makanan Kelas XI di SMA / MA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Sains. 4(1), 51 - 61. https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/227 .
Purnamasari, J., Wardhani, S., Nawawi, S. 2021. Analisis Soal Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Biologi di Kota Palembang. Bioilmi : Jurnal Pendidikan Vol. 7(1) : 9-17. https://doi.org./10.19109/bioilmi.v.7i1.9484
Romadhoni, M. A. S., Hayat, M. S., & Widayati, N. (2023, August). 152. Peer Learning berbasis Pameran Poster Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan 4C Peserta Didik Kelas XI MIPA 6. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (pp. 1394-1405).
Senisum, M. 2021. Keterampilan Proses Sains Siswa SMA dalam Pembelajaran Biologi. JPKM. Vol. 13 (1) : 76-89. https://doi.org/10.36928/jpkm.v13i1.661
Sudarisman, A. 2018. Memahami Hakikat dan Karakteritik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013, Florea, 2(1) : 29-35. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403
Suryani, E., Amir, A., Nurfathurrahmah, N., Azmin, N., & Hartati, H. 2021. Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP N 3 Kota Bima Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Tahun Pelajaran 2020/2021. JP-IPA. Vol 2 (1) : 23-37.
Susanty, S. (2020). Inovasi pembelajaran daring dalam merdeka belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157-166.
Tilakaratne, C.T., &Enayake, T.M. 2017. Achivement Level of Science Process Skills of Junior Secondary Students : Based on a Sample of Grade Six and Seven Students from Sri Lanka. International Journal of Environmental & Science Education, 12 (9), 2089-2108. https://doi.org/10.1117/12.873125
Tyas, R.A., Wilujeng, I., Suyanta, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Jajanan Lokal Daerah terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol 6 (1) : 114-125. 10.21831/jipi.v6i1.28459
Ulfah, M., Harahap, M.B., Rajaguguk, J. (2018). The Effect of Scientific Inquiry Learning Model Form Student’s Science Process Skill and Self Efficacy in the Static Fluid Subject. Proceedings of the 3rd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership. 10.29991/aisteel-18.2018.96
Ulfah, M., Nurhayati, E., Widayati, N., Nurliyanti, D., & Nugroho, A. S. (2022). Science Process Skills Development : Photosynthesis Ingenhousz Experimental LKPD Based on Practicum Through Lesson Study for Learning Community. Dimensi Pendidikan. Vol. 18 (3) : DOI: https://doi.org/10.26877/dm.v18i3.13986
Zahra, M., Wati, W., Makhbuloh, D. (2019). Pembelajaran SETS (Science, Environment, Society) : Pengaruhnya pada Keterampilan Proses Sains. IJSME. Vol 2 (3) : 320 - 327. 10.24042/ijsme.v2i3.4357