PENERAPAN MODEL PJBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SDN WONOTINGAL SEMARANG

Authors

  • Nur Khomsanah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Project Based Learning, Harmoni dalam Ekosistem

Abstract

Hasil belajar peserta didik yang kurang maksimal pada pembelajaran IPAS menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini menggunakan model PjBL untuk mengkaji bagaimana peningkatan hasil belajar dan partisipasi peserta didik pada mapel IPAS Bab 2. Penelitian ini merupakan penelitian PTK yang berlangsung selama dua siklus. Langkah-langkah dalam proyek penelitian tindakan di kelas memerlukan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan refleksi Kelas VB menjadi subjek penelitian di SDN Wonoingal Semarang semester ganjil tahun akademik 2023–2024. Jumlah keseluruhan di kelas VB adalah 27 orang, termasuk 12 murid dari laki-laki dan 15 dari perempuan. Informasi hasil belajar peserta didik dari siklus I sampai II disajikan menggunakan tabel dan diagram batang. Temuan penelitian menunjukkan hasil yang maksimal dengan rata-rata 81,8 dari 27 peserta didik (92,9%) menyelesaikan Siklus II, pendekatan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik. Jadi, dapat dikatakan paradigma pembelajaran PjBL dapat meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik.

References

Amini, R. (2015). Pengaruh Penggunaan Project Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal FKIP UMM.

Jakni. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Alfabta.

Kristiani, M. (2018). Penerapan model project based learning berbantuan pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik kelas IV. 1-6.

Monika, Vera, Dkk. (2019). Peningkatan dan Hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning pada kelas V sdn sidorejo lor V salatiga, 11-21.

Mulyoto. (2013). Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta

Permendikbud. (Nomor 22 Tahun 2016). Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Journal of Chemical Information and Modelling.

Ramadhan Indra Setyawan, D. P. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal DIKDAS BANTARA.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran : mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudrajat, A. d. (2020). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementrian Agama RI.

Uno Hamzah, B. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya. Bumi Aksara.

Wahyu, R. (2017). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013 . Jurnal Tecnoscienza, 49-62.

Yetra, T. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 030 Palembang. 175-189

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Khomsanah, N. . (2023). PENERAPAN MODEL PJBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SDN WONOTINGAL SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2946–2953. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5455

Issue

Section

Prosiding 2023