Podcast Used to Improving Speaking Skill in Offering Something Through : Classroom Action Research

Authors

  • Akhnis Khulaifah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Podcast, Kemampuan berbicara Bahasa Inggris, Peserta didik, Penelitian tindakan kela

Abstract

Perkembangan teknologi sangat dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Pada penelitian ini peneliti mencoba memanfaatkan teknologi podcast yang dekat dengan peserta didik. Podcast sendiri adalah media berbagi cerita dalam bentuk suara dimana narasumber berbagi pengalaman ataupun pengetahuan pada pendengarnya. Pada penelitian ini peneliti memfokuskan materi pada “Offering Something”. Penelitian ini dilakukan di kelas XI Boga 2 SMKN 6 Kota Semarang. Jumlah peserta didik dalam kelas tersebut adalah 35 peserta didik. Peneliti ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas atau PTK dalam penelitian ini sebagai metode yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus pertama difokuskan pada pemahaman awal peserta didik terhadap materi “Offering Something” melalui media podcast. Hasil siklus pertama menunjukan adanya peningkatan pemahaman, akan tetapi masih terdapat hasil yang kurang memuaskan dalam kemampuan berbicara peserta didik. Hasil awal 60% peserta didik dalam kelas sudah mampu mendapatkan nilai diatas KKM (75) Melalui refleksi dan perbaikan, penelitian dilanjutkan ke siklus berikutnya. Hasil yang didapat pada siklus kedua ini cukup memuaskan dengan 80% mendapatkan nilai diatas KKM. Yang dapat disimpulkan pada penelitian ini penggunaan media podcast dalam materi “Offering Something” efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik kelas Xi Boga 2 SMKN 6 Kota Semarang. 

References

Chandra Asmaradhana, Gita, and Madziatul Churiyah. 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemandirian Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Ispring Suite 9.” Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan 1 (3): 251–62.https://doi.org/10.17977/um066v1i32021p251-262.

Hotmaria, Hotmaria. 2021. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Pada Materi Pengandaian Diikuti Perintah/Saran Menggunakan Strategi Pembelajaran Three Step Interview.” Journal of Education Action Research 5 (1): 1–9. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31558.

Lestari, Made Novita Dwi, and I Putu Edi Sutrisna. 2022. “Project-Based Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Program Studi Pariwisata.” Cultoure: Jurnal Ilmiah Pariwisata Budaya Hindu 3 (1): 40. https://doi.org/10.55115/cultoure.v3i1.2041.

Mayangsari, Dewi, and Dinda Rizki Tiara. 2019. “Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial.” Jurnal Golden Age 3 (02): 126. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1720.

Prasetya, Rizky Eka. n.d. “ISSN 2303 – 3037 ( Print ) ISSN 2503 – 2291 ( Online ) English Language Learners ’ Attitude and Challenge Utilized M -Learning : Comparison Mobile Application Moodle and Google Classroom ISSN 2303 – 3037 ( Print ) ISSN 2503 – 2291 ( Online )” 10 (1): 28–40.

Seftika, Seftika, Januarius Mujiyanto, Abdurrachman Faridi, and Zulfa Sakhiyya. 2021. “Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Speaking Mahasiswa Abad 21.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 169–74. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes.

Suhaimi, Imam. 2021. “Analisis Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMP Al Ikhlas Kediri.” Jurnal Koulutus 4 (1): 1–7.

Wiartis, Wiartis. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Kegiatan Kolaborasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Smp Negeri 6 Batam.” Daiwi Widya 7 (5): 17. https://doi.org/10.37637/dw.v7i5.673

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Khulaifah, A. . (2023). Podcast Used to Improving Speaking Skill in Offering Something Through : Classroom Action Research. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 626–634. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5159

Issue

Section

Prosiding 2023