96. Improving Students’ Vocabulary on Descriptive Text by Using Word Wall Media on Seventh Grade of Junior High School
Keywords:
Peningkatan, Kosa Kata, Media WordWall, Teks Deskripsi, Penilitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media WordWall dapat meningkatkan penguasaan kosakata peserta didik pada teks deskriptif. Subyek penelitian ini adalah 34 peserta didik kelas VII E di SMP Negeri 6 Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Data yang diperoleh dari penelitian ini sebagian besar merupakan data kuantitatif berupa nilai peserta didik. Data pre-test dan post-test dikumpulkan dengan menggunakan 20 butir soal pilihan ganda. Hasil siklus I menunjukkan bahwa penggunaan media WordWall secara signifikan meningkat dengan nilai rata-rata siswa mulanya dari 56 menjadi 69. Namun, hasil siklus I tidak memenuhi semua kriteria keberhasilan. Oleh karena itu, siklus II diterapkan dengan metode diskusi kelompok dan menambahkan gambar pada tindakan disiklus II. Hasil siklus II berhasil meningkatkan rata-rata peserta didik menjadi 80, dan lebih dari 75% peserta didik mendapat nilai di atas standar minimal yaitu 74. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan WordWall efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar kosakata peserta didik. Guru bahasa Inggris dapat mencoba mengajarkan kosa kata bahasa inggris sederhana dengan menggunakan WordWall pada teks deskriptif dan tidak selalu menggunakan teks atau buku pegangan yang monoton untuk membantu peserta didik mengingat kata-kata dengan lebih mudah. Bagi peserta didik, sebaiknya peserta didik dapat mengoptimalkan penggunaan gadget untuk meningkatkan penguasaan kosa kata. Dan bagi peneliti lain, diharapkan dilakukan penelitian yang lebih komprehensif untuk mengetahui cara lain untuk meningkatkan kosa kata peserta didik.