The Use of Crossword Puzzle to Improve Students’ Adjective Vocabulary
Keywords:
Teka-Teki Silang, Kosa Kata, Kata SifatAbstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata Adjective peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas VII B SMP N 37 Semarang melalui penggunaan media Crossword Puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B SMP N 37 Semarang dan objek penelitian ini adalah keterampilan kosakata dan teka-teki silang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes tertulis. Penelitian ini dilakukan karena penulis menemukan permasalahan pada peserta didik yaitu kurangnya penguasaan kosakata Bahasa Inggris dan rendahnya minat belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penulis sampai pada kesimpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pada siklus I dan II. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dari 59,4% menjadi 87,5% dari jumlah peserta didik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Crossword Puzzle dapat meningkatkan kemampuan kosakata Adjective peserta didik kelas VII B SMP N 37 Semarang.
References
Annisa, M., & Marlina, L. (2014). Teaching Writing Descriptive Text By Using Crossword Puzzle For Second Grade Of Junior High School Students. Journal Of English Language Teaching, 171.
Anwar, K. (2021). The Perception of Using Technology Canva Application as a Media for English Teacher Creating Media Virtual Teaching and English Learning in Loei Thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 5(1), 62-69. http://dx.doi.org/10.30587/jetlal.v5i1.2253
APA Citation: Yundayani, A., Susilawati, S., & Chairunnisa, C. (2019). Investigating the effect of Canva on students’ writing skills. English. Alison Paige Gehred, ― Canva”, Journal of the Medical Library Association. Vol 108, No 2 (2020), Available on: https://jmla.pitt.edu/ojs/jmla/article/view/940 , Retrieved on 3rd April 2021, p. 1.
Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, 215.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Choi, E., & Lee, J. (2018). EFL teachers’ self-efficacy and teaching practices. ELT Journal, 72(2), 175–186. https://doi.org/10.1093/elt/ccx046
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fifth Edition). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). Los Angeles: Sage Publication.
Dashela, T., Supardi, I., & Wardah. (2017). Improving Studens' Vocabulary in Irreguler and Reguler Verbs by using Crossword Puzzle. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2.
Dunnette, “Keterampilan Pembukuan”, (Jakarta : PT. Grafindo Persada, 1976), 33
Ekayanti, A., Amrullah, & Thohir, L. (2020). The Effectiveness of Using Crossword Puzzle to Improve Students’ Vocabulary Mastery. JURNAL LISDAYA, 15(2), 148-154. Retrieved from http://lisdaya.unram.ac.id/index.php/lisdaya/article/view/7
Faiz. Penerapan Media Pembelajaran Animal Crossword pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Kelas VII-A di MTS Sunan Gunung Jati Kediri. Institut Agama Islam Negeri Kediri. 2020.
Hatch, E., & Brown, C. (1995). Vocabulay, Semantic and language education. Cambridge: Cambridge University Press.
Hyland, K. (2003). Second language writing. NY: Cambridge
Iftanti, Erna. (2016) Improving Students' Writing Skills Through Writing Journal Articles. 1. Lingua Scientia, Volume 8, Nomer 1.
Irmawanty, I. (2022). Pengaruh media crossword puzzle terhadap minat dan hasil belajar kognitif siswa materi klasifikasi makhluk hidup kelas X SMA Negeri 9 Makassar. Hybrid: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 1(1), 12–18. Retrieved from https://etdci.org/journal/hybrid/article/view/539/265
Jyi-yeon, (2009), Defining Writing Ability for Classroom Writing Asesment in High School. Pan-PacificSsociation of Applied Linguistic. 13(1).
Korniasari, Evita. Peningkatan Kemampuan Vocabulary Siswa dengan Menggunakan Crossword Puzzle pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas IV SD Negeri 2 Karanglo Polanharjo Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2014.
Kusumastuti, Adhi, and Ahmad Mustamil. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga
Lautfer. Ruth. (1993). Pedoman Pelayanan Anak.Malang Indonesia : Yayasan Persekutuan Pekabaran Injil Indonesia.
Mujahidah, dkk. Basic English for Young Learner. Pare Pare: IAIN Pare Pare. 2020. http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1647
Mundriyah, M., & Parmawati, A. (2016). Using Think-Pair-Share (Tps) To Improve Students’writing Creativity (A Classroom Action Research In The Second Semester Students Of Stkip Siliwangi Bandung). P2m Stkip Siliwangi, 3(2), 84-91.
Nanda, Indra, dkk. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Inspiratif. Indramayu: Penerbit Adab. 2022.
Nation, I.S.P., & Newton, J. (1997). Teaching vocabulary. In Coady, J., & Huckin, T., second Language vocabulary acquisition: A rational for pedagogy. Cambridge: Cambridge University Press.
Nijar, Ahmad. 2016. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, ptk, dan penelitian pengembangan. Bandung: Citapustaka Media.
Parmawati, A. (2013). The efffectiveness of Think-Pair-Share (TPS) to Teach Writing Viewed From Students Creativity (Doctoral dissertation, SEBELAS MARET UNIVERSITY).
Pendidikan Sukarno Pressindo, 2019.
Rahayu, Y. S. (2020). THE EFFECTIVENESS OF CROSSWORD PUZZLES GAME TOWARDS IMPROVING STUDENTS’VOCABULARY MASTERY. ELang| An English Language Education Journal, 5(2), 46–55.
Rizqi, F., & Usman, L. (2021). The Effectiveness of Using Crossword Puzzle to Improve Students’ Vocabulary Mastery. English Language Teaching Society, 15(1), 148. Retrieved from http://lisdaya.unram.ac.id/index.php/lisdaya/article/view/7
Rosandra, Sinta. (2022). THE INFLUENCE OF USING CANVA TOWARDS STUDENTS' WRITING ABILITY IN PROCEDURE TEXT AT THE FIRST SEMESTER IN THE NINTH GRADE STUDENTS OF MTs DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG IN THE ACADEMIC YEAR OF 2021/2022.
Rostina, P., & Rahayu, S. (2022). THE IMPLEMENTATION OF CROSSWORD PUZZLES IN. PROJECT (Professional Journal of English Education), 5(1), 25–34.
Saraswati, Novira. Penerapan Metode Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Tokoh dan Aliran Ilmu Kalam Siswa Kelas XI IPS MA Muhamadiyyah 2 Yanggong Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Institut Agama Islam Ponorogo. 2020.
Sibarani, Badner. Strategi Meneliti Dan Mengajar Melalui Peneltian Tindakan Kelas.
Soeparno. (1988). Media Pegajaran Bahasa. Yogyakarta: PT. Intan Pariwara.
Sofian Hadi, M., Izzah, Lidiyatul., & Paulia, Qondila. (2021). Teaching Writing Through Canva Application To Enhance Students' Writing Peformance. JOLLT Jurnal of Languages and Language Teaching. Vol 9, No 2. https://doi.org/10.33394/jollt.v%vi%i.3533
Sugiyono. (2014). Metode Penilitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tangerang Selatan: Pascal Books, 2021.
Virdyna, N. K. (2016) Teaching Writing Skill By Using Brainwriting. (2016). 1, 67–77.
Wardani, 2007. Modul IDIK 4008 Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka Jakarta.
Wiyaka, W., Mujiyanto, J., & Rukmini, D. (2018). Students’ perception on the sefulness of ICT-based language program. English Language Teaching, 11(2). doi: 10.5539/elt.v11n2p53.
Zaki, Abdi, et al. 2014. Using Based Learning In Teaching Writing a Procedure text To Senior High School Students’. Journal English Language Teaching Program of FBS UNP Graduated on march Vol. 2.
Zamel, V. (1982). Writing: The process of discovering
Zilka, G. C., Rahimi, I. D., & Cohen, R. (2019). Sense of Challenge, Threat, Self-Efficacy, and Motivation of Students Learning in Virtual and Blended Courses. American Journal of Distance Education, 33(1), 2–15. https://doi.org/10.1080/08923647.2019.1554990