Cultivating Confident Communicators: A Project-Based Approach to Improving Students' Oral Proficiency Through 'Asking And Giving Suggestions' Role Play

Authors

  • Eleonora Arista Dio Pramesti Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kemampuan berbicara Bahasa Inggris, Evaluasi hasil pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Proyek, Role Play,

Abstract

Di era digital 5.0, kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris telah menjadi sangat krusial, baik dalam konteks komunikasi internasional maupun berbagai bidang pekerjaan. Di Indonesia, penguasaan Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sering dianggap sulit untuk diajarkan dan dipelajari. Pembelajaran berbicara dalam Bahasa Inggris seringkali mengandalkan pendekatan konvensional yang kurang interaktif, sehingga menyebabkan rendahnya penilaian terhadap kemampuan berbicara siswa. Maka, penelitian ini membahas penggunaan Role Play sebagai alat pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris, terutama dalam konteks materi "Asking and Giving Suggestion" di kelas XI Perhotelan 4 SMK N 6 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbaikan yang diterapkan pada siklus 2 berhasil meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Pada pra siklus, sebagian besar siswa masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yakni sekitar 51,67%. Namun, pada siklus kedua, siswa berhasil mencapai tingkat kompetensi yang diharapkan, yaitu mencapai 77,78% dan meningkat pada siklus kedua 86,10%. Dari pengamatan aktivitas peserta didik juga menunjukkan peningkatan yang signifikan pada siklus kedua dan ketiga. Mereka menjadi lebih aktif dalam merencanakan proyek, menyajikan perkembangan proyek, serta memberikan dan menerima umpan balik. Penelitian ini memberikan bukti bahwa pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan Role Play efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam Bahasa Inggris. Temuan ini dapat menjadi panduan bagi guru dan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan profesionalisme guru, serta meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Pramesti, E. A. D. . (2023). Cultivating Confident Communicators: A Project-Based Approach to Improving Students’ Oral Proficiency Through ’Asking And Giving Suggestions’ Role Play. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 276–285. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4805

Issue

Section

Prosiding 2023