94. The Implementation of Vocabulary Mastery by Using Cambridge Online Dictionary to Enhance Students’ Speaking Skill in Hortatory Exposition Text

Authors

  • Fitri Ulya Dewi
  • Arso Setyaji
  • Mulyani

Keywords:

Penguasaan kosakata, Cambridge online dictionary, speaking, Hortatory exposition text

Abstract

Di era globalisasi, penggunaan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) menjadi aspek fundamental dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Cambridge Online dictionary merupakan salah satu web alternative yang dapat digunakan oleh peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Penelitan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan speaking peserta didik pada teks hortatori. Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini melibatkan 36 peserta didik XI-MIPA 6 SMA 06 Negeri Semarang tahun pelajaran 2022/ 2023. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terbagi menjadi dua siklus. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian sebelum peserta didik mendapatkan tindakan, hasil dari siklus pertama dan kedua. Data menunjukkan nilai rata-rata peserta didik sebelum mendapat perlakuan yaitu 70,86%, siklus I 82,69%, dan siklus II 88,11%. Selain itu, data kualitatif diperoleh dari observasi tentang sikap peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung. Hasilnya menunjukkan 51,78% sebelum peserta didik mendapat treatmen. Sedangkan pada siklus I meningkat 31,58% menjadi 83,36%. Selanjutnya siklus II menunjukkan 89,50%. Data kualitatif menunjukkan, peserta didik menyambut positif pembelajaran dengan menggunakan Cambridge Online Dictionary. Kamus ini dapat memfasilitasi pembelajaran mandiri, meningkatkan motivasi, dan memperluas pemahaman mereka tentang penggunaan kosa kata sesuai dengan konteks.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Dewi, F. U. ., Setyaji, A. ., & Mulyani. (2023). 94. The Implementation of Vocabulary Mastery by Using Cambridge Online Dictionary to Enhance Students’ Speaking Skill in Hortatory Exposition Text. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 860–870. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4032

Issue

Section

Prosiding 2023