The 'Guided Question' Technique For Improving The Descriptive Text Writing Skills (Grade XI-4 Students SMA Negeri 10 Semarang)

Authors

  • Satrio Aji Pangestu Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kemampuan Menulis, Teknik , Penelitian Tindakan Kelas, Bahasa Inggris, Pembelajaran Menulis Deskriptif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penerapan teknik "Guided Question" terhadap
kemampuan menulis deskriptif siswa di kelas XI-4 SMA Negeri 10 Semarang dalam mata pelajaran
Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama dua siklus
pembelajaran. Pada awal penelitian, kondisi awal kemampuan menulis siswa hanya mencapai sekitar
27,78%. Teknik "Guided Question" kemudian diterapkan dalam pembelajaran menulis deskriptif
selama siklus 1, yang menghasilkan peningkatan signifikan menjadi 50% siswa yang berhasil
menyelesaikan tugas menulis dengan baik. Siklus 2 dilakukan untuk mengukur dampak jangka panjang
dari penerapan teknik ini. Hasilnya menunjukkan peningkatan lebih lanjut, dengan 88,89% siswa yang
berhasil menulis dengan baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik "Guided Question" efektif
dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Rekomendasi diberikan kepada guru Bahasa Inggris
untuk mengintegrasikan teknik ini dalam pembelajaran menulis deskriptif. Meskipun demikian,
penelitian ini memiliki keterbatasan, termasuk ukuran sampel yang terbatas dan keterbatasan waktu.
Penelitian lebih lanjut dapat melibatkan populasi yang lebih besar dan periode waktu yang lebih panjang
untuk mengkonfirmasi temuan ini. Kemampuan menulis yang kuat adalah keterampilan penting yang
akan memberikan manfaat jangka panjang bagi perkembangan akademis dan profesional siswa di masa
depan.

References

Alexander, L.G. Practice and progress,

London: Longman Group Ltd, 1975.

Badiah, L. I. (2020). Studi Deskriptif

Implementasi Kurikulum 2013 Untuk

Anak Tunarungu Tingkat Sekolah

Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan

Dan Ilmu Pengetahuan,20(2).

Bandung, A. Arikunto, Suharsimi dkk.

Penelitian Tindakan Kelas. PT.

Aksara. Jakarta. Arikunto, Suharsimi.

Prosedur Penelitian; Suatu

Pendekatan Praktek Edisi Revisi. PT.

Rineka Cipta. Jakarta. Departemen

Pendidikan Nasional. 2004.

Kurikulum Pendidikan Jasmani,

Jakarta. Depdiknas. 2007. Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

untuk Satuan.

Barnet and Stubbs

‟s. Practical Guide to

Writing, Boston: Little, Brown and

Company, 1983.

Britton, J. N. (1970). Language and

learning. Heinemann.

Flower, L. S., & Hayes, J. R. (1981).

Problem solving and the cognitive

process of writing. Writing: The

nature, development and teaching of

written communication, 39

-58.

Graves, D. H. (1983). Writing: Teachers

and children at work. Heinemann.

Hidayah, I. 2015. The Effectiveness of

Guided Questions toward Students’

Writing Skill of Descriptive Text (A

Quasi

-Experimental Study at the Eight

Grade Students of SMP N 3 Tangerang

Selatan). S1 Skripsi: Unpublished.

Jakarta: Syarif Hidayatullah State

Islamic University.

Thomson, A.J. and A.V. Martinet. A

Practical English Grammar. 4th ed.

New York: Oxford University Press.

Wardani, 2007. Modul IDIK 4008

Penelitian Tindakan Kelas.

Universitas Terbuka Jakarta.

White, F. D. (1986). The Writer's Art: A

Practical Rhetoric and Handbook.

Wadsworth, Inc., 7625 Empire Dr.,

Lawrence, KY 41042.

Downloads

Published

2023-11-11

How to Cite

Pangestu, S. A. . (2023). The ’Guided Question’ Technique For Improving The Descriptive Text Writing Skills (Grade XI-4 Students SMA Negeri 10 Semarang). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 768–774. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5182

Issue

Section

Prosiding 2023