284. Penerapan Model Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMA Tahun 2022/2023
Keywords:
flipped classroom, masalah, kemampuan pemecahan masalahAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menggunakan model flipped classroom. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dua siklus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif antara peneliti dan guru matematika. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-I salah satu SMA di Semarang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Instrumen penelitian terdiri dari perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpul data. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah ATP, modul ajar, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif naratif untuk data kualitatif dan teknik analisis statistik deskriptif untuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model flipped classroom berhasil meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah 56,48 pada Siklus I dan 65,97 pada Siklus II. Peningkatan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah peserta didik juga terjadi pada setiap indikator kemampuan pemecahan masalah, yaitu memahami masalah (100), merencanakan penyelesaian (97,22), melaksanakan rencana (44,44), dan mengecek kembali (22,22). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model flipped classroom dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X-I salah satu SMA di Semarang.