Improving the Students’ Skill in Writing Descriptive Text Through the Picture Series: A Classroom Action Research
Keywords:
Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi, Gambar Seri, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam menulis teks deskriptif di kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang melalui penggunaan gambar berseri. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek Bangunan Bersejarah/Tempat Wisata. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai pendekatan terstruktur dan kooperatif yang bertujuan untuk mengatasi tantangan di kelas, dengan penekanan khusus pada mendorong refleksi guru untuk mendapatkan wawasan tentang budaya belajar siswa. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah teknik gambar berseri memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif di kelas X-7. Lembar observasi dan hasil pre-test, post-test I, dan post-test II yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gambar berseri secara signifikan meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris siswa, khususnya dalam konteks teks deskriptif. Peningkatan yang terlihat antara post-test pertama dan kedua menunjukkan bahwa teknik pengajaran dan intervensi yang digunakan selama periode ini efektif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk memperkaya penelitian dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas, khususnya dalam keterampilan menulis deskriptif.
References
Apsari, Y. (2017). The Use of Picture Series in Teaching Writing Recount Text. Eltin Journal : Journal of English Language Teaching in Indonesia, 51–56. https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/eltin/article/view/525
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Brown, H. D. (2003). Language Assessment (Principles and Classroom Practices). In Language Assessment: Principles and Classroom Practices (Fourth Edi).
Erikson Tarigan, K., & Liana, L. (2018). Improving Students’ Writing Descriptive Text Through Digital Storytelling Technique. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 1(3), 345–351. https://doi.org/10.33258/birci.v1i3.58
Gendroyono, G. (2021). The Improvement of Students’ Ability in Writing Procedure Text Through Picture Series. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 993–1023. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i6.201
Harmer, J. (2004). How to Teach Writing. Pearson Education Limited.
Herizal, H., & Afriani, N. (2015). Improving Students’ Descriptive Writing Text Through Picture Word Inductive Model (PWIM) Strategy for Seventh Grade of SMP Inaba Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 25–34.
Lidyawati, T., & Nirwanto, R. (2016). The Effectiveness Of Picture Series Toward The Students’ Writing Scores. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(November), 243–253.
Mardiyah, D., Sun, S., & Refnaldi, R. (2013). The Second Grade Students’ Ability in Writing a Descriptive Text at SMP N 1 Canduang. Journal of English Language Teaching.
Muhibbudin. (2016). The Application of Picture Series to Improve Writing Skills. English Education Journal, 7(3), 286–297.
Nugroho, L., Sudirman, & Hasan, H. (2015). The Use of Picture Series in Improving Students’ Speaking Recount Text Skill. 031, 1–9.
Oktafiani, D., & Husnussalam, H. (2021). Improving Students’ Writing Skills in Descriptive Text Using Picture Word Inductive Model (PWIM) Strategy. PROJECT (Professional Journal of English Education), 4(3), 420. https://doi.org/10.22460/project.v4i3.p420-425
Pratiwi, D. (2016). Improving The Tenth Grade Students’ Writing Skill by Using Picture Series. Journal of English Language and Education, 2(1).
Puspitaloka, N. (2016). The Effect Of Picture Series Toward Students’ Descriptive Writing Skill. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(November), 243–253.
Rangkuti, N. A. (2020). The Effect of Applying Project Based Learning on the Students’ Creative Thinking Skill in Writing Narrative Text (Vol. 21, Issue 1).
Sidabalok, N., & Ginting, S. A. (2014). Improving Students’ Achievement in Writing Descriptive Text Through Collaborative Writing. Journal of English Language Teaching Anf Learning of FBS UNIMED, 3(1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jelt/article/view/1826
Simanjuntak, C. S., Siahaan, M., & Simamora, A. (2023). Improving Students Writing Skills by Using Picture Series on Descrptive Text. Indonesian Journal of Applied and Industrial Sciences (ESA), 2(2), 167–174.
Suamba, I. M., Dewi, N. P. A. K. S., & Pramesuari, A. S. I. L. (2022). The Use of Picture Series Technique to Improve Students’ Writing Skills on Recount Text to the Eighth Grade Students at SMP N 6 Tabanan. Wacana Saraswati Majalah Ilmiah Tentang Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 22(2), 71–82. https://doi.org/10.46444/wacanasaraswati.v22i2.501
Suharni, S. (2016). Using Presentation, Practice, and Production Strategy Toward Students’ Ability in Comparison and Contrast Paragraph Writing. Using Presentation, Practice, and Production Strategy Toward Students’ Ability in Comparison and Contrast Paragraph Writing, 1(1), 9–15.
Suprianti, G. A. P., Tantra, D. K., & Padmadewi, N. N. (2013). A Comparative Effect of Writing Workshop and Journal Writing Techniques Based on Text Types on the Eight Grade Students Writing Competency at SMP Negeri 1 Singaraja in the Academic Year 2012/2013. 1.